Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polsek Nongsa Garuk Dua Geng Motor di Kawasan Bandara Hang Nadim
Oleh : Hadli
Jum'at | 30-01-2015 | 18:57 WIB
motor geng.jpg Honda-Batam
Kapolsek Nongsa Kompol Arthur Sitindaon saat menunjukkan dua sepeda motor yang disita hasil razia geng motor di Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua geng motor digaruk tim  Polsek Kawasan Nongsa pada saat aksi kebut-kebutan di kawasan menuju Simpang Bundaran Bandara Hang Nadim Batam pada Kamis (29/1/2015) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. 

Alhasil, razia yang dipimpin Kapolsek Nongsa Kompol Arthur Sitindaon berhasil mengamankan puluhan orang dan sepeda motor  dari dua kelompok geng motor tersebut. 

"Ada sekitar 10 orang yang kita amankan, diantaranya salah satu joki inisial DY," ujarnya, Jumat (30/1/2015) di Mapolsek Nongsa di Kabil. 

Ia menjelaskan, pada saat pemeriksaan tidak ditemukan adanya jenis senjata api, tajam maupun narkoba pada 10 pelajar tersebut. Untuk itu, pihaknya mengambil langkah  mengedepankan tindakan pencegahan atau prefentif, sehingga tindakan kriminal dapat dicegah. 

Diantara sepeda motor yang diamankan tersebut, dua diantaranya ditahan di Polsek Nongsa. Dua motor itu terdapat stiker geng motor T-Work yang satu diantaranya digunakan untuk trekan merek suzuki FU 150.

"10 orang yang kita amankan,  pagi hari itu juga kita lepaskan. Namun harus dijemput oleh orang tua masing-masing. Setelah diberi pengarahan kepada orang tuanya kita buatkan surat penyataan yang ditandaitangani di atas materai Rp6000. Kecuali dua motor yang kita sita. Sehingga motor itu tidak digunakan lagi untuk terk-trekan yang dapat membahayakan nyawanya ataupun orang lain," jelasnya. 

Jalan menuju kawasan bundaran Bandara Hang Nadim, biasanya digunakan untuk trek-trekan (drag race) biasanya digunakan pada Sabtu malam dan Minggu Malam. 

"Jarak tempuh yang dimainkan untuk balapan sepanjang 400 meter. Biasanya kawasan itu digunakan malam libur tapi kita tidak tidur. Pada saar razia dua kelompok ini kita amankan," terangnya.

Sebelumnya kata Arthur, puluhan orang geng motor Lasak Jamping juga diamankan dalam razia yang digelar jajaran Polsek Nongsa. Untuk mencegah aksi kriminalitas yang marak dilakukan kelompok geng motor aakh-akhir ini ia melakukan sosialisasi kepada tokoh-tokoh masyarakat setempat agar bersama dapat menjaga Batam tetap kondusif.

Editor: Dodo