Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Juknis Belum Diterima, Kepala Dinas Pendidikan Batam Khawatir Persiapan UN Tak Matang
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 30-01-2015 | 17:38 WIB
muslim_bidin.jpg Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Musim Bidin, tak cuma bingung untuk mempersiapkan pelaksanaan ujian nasional (UN) 2015 yang digelar awal April nanti. Muslim mengaku mulai bimbang karena prosedur operasional standar (POS) UN secara resmi belum juga diterima.

"Kami saat ini masih menunggu juknisnya seperti apa. Sampai sekarang belum diterima," kata Muslim saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Jumat (30/1/2015).

Dia kembali mengatakan, biasanya POS yang merupakan petunjuk teknis (juknis) UN itu diterima pada bulan November atau Desember. Namun, tinggal tiga bulan pelaksanaan UN, Dinas Pendidikan Kota Batam masih menunggu juknis tersebut.

Muslim mengakui, ketiadaan POS UN juga mempersulit Dinas Pendidikan untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan orang tua. Dikhawatirkan, katanya, persiapan menghadapi UN tahun ini tidak matang.

"Mau gimana lagi, juknisnya belum keluar. Kami belum bisa berbuat apa-apa. Tahun lalu bulan November dan Desember kami sudah mulai mempersiapkan semuanya," terang Muslim.

Ia menjelaskan dengan perencanaan matang dan persiapan yang matang maka pelaksanan UN akan lancar dan tanpa hambatan. Kendati demikian, katanya, Dinas Pendidikan Batam akan berupaya melakasnakan UN dengan lancar dan meminimalisir kesalahan.

"Mau tak mau kita siap  demi anak-anak yang akan menghadapi UN," katanya. (*)

Editor: Roelan