Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alamak, Petugas Cleaning Service Kampus Diangkat Jadi 'Rektor' Universitas Putera Batam
Oleh : Gabriel P Sara
Rabu | 28-01-2015 | 20:20 WIB
prof mansur rektor upb.jpg Honda-Batam
Pengangkatan 'rektor' baru Universitas Putera Batam. (Foto: Gabriel P Sara/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Universitas Putera Batam (UPB) punya 'rektor' baru. Namanya Mansur, dan telah didaulat sebagai Rektor UPB versi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dipilihnya petugas cleaning service UPB itu jadi 'rektor' bukan tanpa sebab. Mansur dinilai sebagai sosok pemberani dan tegas.

Pada saat mahasiswa berunjuk rasa di depan kampus pada 21 Januari 2015 lalu, Mansur berani memerintah seluruh mahasiswa untuk masuk kelas dan mengikuti perkuliahan seperti biasa. Sikap Mansur itu pun dinilai lebih berani ketimbang rektor resmi UPB, dan mahasiswa akhirnya melantik "Prof Mansur" sebagai rektor.

"Tindakan dia (Mansur, red) sudah seperti rektor. Dosen saja tidak berani untuk memaksa kami saat berorasi untuk bubar dan masuk kelas untuk mengikuti kuliah. Tetapi seorang petugas kebersihan bisa memerintah kami. Sepertinya Rektor UPB sudah diganti dengan dia. Dan hari ini, Rabu 28 Januari 2015, kami BEM UPB bersama ribuan mahasiswa secara sah menggantikan rektor. Jadi, rektor UPB sekarang adalah Prof Mansur," papar Ferry Budianto, Presiden Mahasiswa UPB, Rabu (28/1/2015).

Tidak hanya itu. Petugas cleaning service itu juga sempat memakai pakaian rektor dan toga saat acara wisuda mahasiswa UPB angkatan lalu. Mansur selama mengabdi di UPB, juga bercita-cita ingin menjadi rektor.

Ferry menambahkan, diangkatnya "Prof Mansur" menjadi Rektor UPB karena BEM bersama mahasiswa sudah muak dengan janji-janji manis Rektor UPB, Nur Elvi Husda. Menurut mereka, lebih bijak petugas kebersihan dibandingkan Rektor UPB yang sekarang.

"Prof Mansur memang salah seorang  petugas kebersihan di sini. Dia lebih bijak daripada rektor sekarang. Kami sudah bosan dengan janji-janji palsu. Dan mulai hari ini kami mengangkat Prof Mansur manjadi rektor baru di UPB, " tegas Ferry.

Ferry melanjutkan, parahnya lagi Nur Elvi Husada justru tidak berada di tempat saat mahasiswa UPB berunjuk rasa hari ini.

"Teman-teman, lihat rektor kita. Sebenarnya dia ada di dalam kampus ini, tapi dia menipu kita semua. Kalau dia tidak ada di sini dengan alasan sedang ada urusan di luar, lebih bagus dan lebih bijak kita gantikan saja rektor yang lama dengan rektor yang baru sekarang. Kita angat Prof Mansur menjadi Rektor UPB," kata Ferry. (*)

Editor: Roelan