Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Sekolah di Batam Ditunjuk Jadi 'Pilot Project' UN Online
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 27-01-2015 | 16:01 WIB
muslim_bidin.jpg Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga sekolah di Batam ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai percontohan (pilot project) pelaksanaan ujian nasional (UN) 2015 dengan sistem daring (online). Ketiga sekolah itu dinilai telah memiliki sarana prasarana yang memadai untuk pelaksanaan UN online.

"Pada dasarnya kami siap untuk melaksanakan UN dengan sistem online ini. Apalagi ini sebagai percontohan untuk di Batam," ujar Muslim, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, saat ditemui, Selasa (27/1/2015).

Ketiga sekolah yang menjadi pilot project itu di antaranya SMA Negeri 1 Batam, SMA Negeri 3 Batam dan SMP Negeri 6 Batam. "Saat ini Dinas Pendidikan sedang mendata jumlah siswa dan sumber daya seperti komputer serta jaringannya untuk mendukung pelaksanaan UN Online tersebut," kata Muslim.

Selain itu, imbuh Muslim, Dinas Pendidikan Batam juga diminta mempelajari peranti lunak sistem CAT atau bank soal dari Kemendikbud. Nantinya, apabila satu soal belum bisa dijawab, maka penggunanya bisa melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. 

Hanya saja, kata Muslim, penggunanya tidak bisa kembali ke pertanyaan awal yang dilewati tadi. "Pertanyaannya tadi akan diganti dengan pertanyaan yang bobotnya sama. Kalau ini berhasil, maka pengguna akan naik ke pertanyaan berikutnya juga," jelas Muslim.

Dia berharap siswa di sekolah lain tidak cemas dengan pelaksanaan UN tahun ini. "Kita baru mendapatkan surat edaran untuk penunjukan tiga sekolah tersebut," terangnya.  

Sementara bagaimana proses UN dengan sistem online itu Muslim belum tahu. Namun dia yakin siswa di tiga sekolah yang ditunjuk itu pasti bisa karena merupakan sekolah unggulan.  

"Tapi kalau SMPN 3 sudah biasa melakukan ujian sistem online, jadi kita tidak terlalu cemas," kata Muslim. (*)

Editor: Roelan