Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Singapura, Kota Paling Layak Huni di Dunia
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-01-2015 | 09:46 WIB
singapura.jpg Honda-Batam
Foto: net

BATAMTODAY.COM - SINGAPURA kembali terpilih sebagai kota paling layak hunia di Asia dan dunia tahun ini. Sementara itu, posisi Hong Kong merosot ke posisi enam di Asia dan ke-33 di peringkat global. Demikian hasil pemeringkatan yang dilakukan ECA International yang dirilis baru-baru ini.

"Kualitas udara, infrastruktur yang kokoh, fasilitas medis yang layak, serta tingkat kejahatan dan risiko kesehatan yang rendah, merupakan penyebab Singapura mempertahankan posisinya di puncak peringkat global," kata Lee Quane, Direktur Regional – Asia, ECA Internasional.

Kenyataan itulah, imbuh Lee, yang membuat Singapura sangat menarik bagi perusahaan yang ingin mendirikan kantor perwakilan di wilayah tersebut. Apalagi ketika kondisi di Hong Kong sedikit memburuk.

Di bawah Singapura, Osaka berada di posisi kedua Asia dan keempat dunia. Di posisi ketiga hingga kelima di tempati Nagoya (7), Tokyo (11), dan Yokohama (11). Sementara posisi keenam hingga sepuluh diisi oleh Hong Kong (33), Taipei (65), Busan (76), Macau (86), dan Seoul (93).

Jakarta dan Surabaya, masing-masing berada di posisi ke-47 dan 48 dalam peringkat Asia. Sementara di tingkat global, masing-masing berada pada peringkat 208 dan 217.

Pemeringkatan ECA yang diperbarui setiap tahun ini secara obyektif mengevaluasi sejumlah faktor yang menjadi penilaian kualitas hidup di lebih dari 450 lokasi di dunia. Sistem ini membantu perusahaan-perusahaan yang akan mengirim karyawannya untuk bekerja di mancanegara.

Faktor-faktor yang dinilai meliputi iklim, ketersediaan pelayanan kesehatan, perumahan dan utilitas, isolasi, akses ke jaringan sosial dan fasilitas rekreasi, sarana prasarana, keselamatan pribadi, kondisi politik, dan kualitas udara. (*)

Sumber: rumah.com