Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Lantik 9 Anggota Watimpres
Oleh : Redaksi
Senin | 19-01-2015 | 15:25 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Senin (19/1/2015). Pelantikan digelar di Istana Negara dan dihadiri beberapa pimpinan lembaga dan menteri Kabinet Kerja.


Sembilan anggota Wantimpres yang dilantik itu adalah Sidarta Danusubrata, Suharso Monoarfa, Jan Darmadi, Rusdi Kirana, Yusuf Kartanegara, Subagyo Hadi Siswoyo, Abdul Malik Fadjar, Sri Adiningsih, dan Hasyim Muzadi.

Sedangkan AM Hendropriyono, Moeryati Soedibyo dan Syafii Ma`arif yang sempat ditawari Presiden Jokowi sebagai anggota Watimpres karena dianggap berjasa, menyatakan menolak menjadi anggota Watimpres dengan alasannya masing-masing.

"Bahwa saya akan setia pada nusa dan bangsa, dan akan memenuhi segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan ini," ucap Presiden Jokowi, saat membacakan sumpah jabatan diikuti oleh sembilan anggota Wantimpres.

Setelah pelantikan ini, semua anggota Wantimpres tersebut diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai aturan.
Penetapan anggota Watimpres itu, selruhnya dari parpol pendukung Jokowi di pemerintahan,  termasuk PPP kubu Romahurmuziy yang baru masuk dan PKPI yang tidak dihitung mendapatkan jatah di kursi pemerintaha.

PPP menempatkan Suharso Monoarfa, yang merupakan pendukung Jokowi-JK sejak Pilpres 2014 lalu. Suharso sempat bertemu dengan PDIP untuk memberikan dukungan PPP, namun keinginannya dikandaskan oleh Suryadharma Ali. Akhirnya, usai Pilpres 2014, Suharso jadi salah satu motor penggulingan Suryadharma Ali dari kursi Ketum PPP.

PKPI di kursi Wantimpres diwakili oleh Yusuf Kartanegara. Ketum PKPI Sutiyoso yang mengusulkan nama Yusuf ke Presiden Jokowi.

Sementara Hanura diwakili oleh Jenderal (Purn) Subagyo HS. Wiranto memilih Subagyo mewakili dirinya yang tak bisa menjadi Wantimpres karena menjabat Ketum Hanura.

PKB diwakili oleh Waketumnya, Bos Lion Air Rusdi Kirana. Setelah menjadi Wantimpres, Rusdi berjanji melepas jabatannya di Lion Air dan PKB.

NasDem diwakili oleh Jan Darmadi. Jan adalah salah satu pengusaha sukses dan senior pemilik PT Jakarta Setiabudi International Tbk yang bergerak di bidang properti dengan basis bisnis di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Di NasDem, dia duduk sebagai Ketua Majelis Tinggi partai.

PDIP sebagai partai yang menaungi Jokowi diwakili oleh Sidarto Danusubroto. Di PDIP, Sidarto adalah ketua bidang kehormatan partai. Pria berusia 78 tahun ini sangat aktif membantu Jokowi selama Pilpres 2014.

Tiga nama lainnya, yaitu Hasyim Muzadi, Abdul Malik Fadjar dan Sri Adiningsih tak mewakili partai politik. Hasyim adalah tokoh NU, sedangkan Malik Fadjar saat ini aktif sebagai salah seorang pengurus pusat Muhammadiyah. Sementara Sri Adiningsih, yang juga merupakan ahli ekonomi, telah menjadi sahabat Jokowi sejak masa SMP.

Adapun tugas Wantimpres, adalah untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan negara. Pemberian nasihat dan pertimbangan tersebut wajib dilakukan oleh Wantimpres baik diminta ataupun tidak oleh Presiden. Penyampaian nasihat dan pertimbangan tersebut dapat dilakukan secara perorangan maupun sebagai satu kesatuan nasihat dan pertimbangan seluruh anggota dewan.

Dalam menjalankan tugasnya, Wantimpres melaksanakan fungsi nasihat dan pertimbangan yang terkait dengan pelaksanaan kekuasaan pemerintahan negara. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya tersebut, Wantimpres tidak dibenarkan memberikan keterangan, pernyataan, dan/atau menyebarluaskan isi nasihat dan pertimbangan kepada pihak mana pun.

Atas permintaan Presiden, Wantimpres dapat mengikuti sidang kabinet serta kunjungan kerja dan kunjungan kenegaraan. Dalam melaksanakan tugasnya, Wantimpres dapat meminta informasi dari instansi pemerintah terkait dan lembaga negara lainnya.

Selain itu, kepada Ketua dan Anggota Wantimpres diberikan hak keuangan dan fasilitas lainnya sesuai dengan yang diberikan kepada Menteri Negara.

Editor: Surya