Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lima ABG Pelempar Mobil di Tembesi Akhirnya Dibekuk Polisi
Oleh : Gabriel P. Sara
Kamis | 15-01-2015 | 16:28 WIB
ABG_usil.jpg Honda-Batam
Kelima ABG usil yang melempari mobil di Tembesi saat diamankan di Mapolsek Sagulung. (Foto: Gabriel/BATAMTODAY.COM(.

BATAMTODAY.COM, Batam - Lima anak baru gede (ABG) yang terlibat pelemparan mobil di Tembesi akhirnya dibekuk polisi, setelah dua orang sebelumnya diamankan di Mapolsek Sagulung, Kamis (15/1/2015) siang.

Kelima pelaku ini dibekuk dalam sebuah penangkapan yang dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Sagulung Ipda Rasmen Simamora sekitar pukul 12.00 WIB di kawasan Jembatan IV Barelang.

Mereka yang ditangkap yakni Sm (17), Kp (15), Eg (16), Da (16), dan FI (15). Sementara Aw (15) dan Ra (13) terlebih dahulu tertangkap di lokasi kejadian oleh warga sekitar lokasi kejadian.

Di Polsek Sagulung, Da yang sudah tidak sekolah lagi itu mengaku, ia tidak memiliki keluarga di Batam ini. Hidup kesehariannya hanya di jalanan, dan saat melempari mobil incaran mereka hanya isengsaja.

"Kami lempar mobil dari atas bukit itu (bukit di Tembesi Tower), kalau saya baru dua kali lempari mobil orang. Tak ada niat apa-apa, hanya iseng saja. Saya juga tak punya rumah saya di sini bang, tiap hari hidup di jalanan," ujar Da penuh penyesalan.

Hal yang sama dikatakan Eg. Niatnya hanya bermain-main saja, namun karena umurnya masih kecil jadi gampang terpengaruh oleh teman-teman sepermainannya. Setiap mobil yang lewat dilempari batu, sebelum melempar mereka beramai-ramai mengumpulkan batu tersebut.

"Sebelum lempar kami kumpulkan batu dulu, kami sembunyi di atas bukit. Saya menyesal, tak mau melakukan lagi" jelas Eg

Sementara, Rasmen Simamora mengatakan, setelah mendengar laporan dan menangkap kedua pelaku itu, pihaknya langsung melakukan pengembangan. 

"Setelah mendengar laporan warga, kita langsung tangkap yang dua pelaku awalnya. Setelah melakukan pengembangan melalui kedua pelaku itu, akhirnya lima temannya kita bekuk di Jembatan IV Barelang saat asik nongkrong,"  kata Rasmen.

Lanjutnya, ketujuh pelaku saat ini sudah diamankan, namun pihaknya masih melakukan pengembangan. " Kita masih lidik, mungkin masih ada pelaku lain," tutupnya.

Sebelumnya, Aw (15) dan Ra (13), dua anak baru gede (ABG) terpaksa digiring warga sekitar Top 100 Tembesi karena kepergok melempar salah satu mobil yang melintas di jalan depan Universitas Putra Batam, Tembesi, Sagulung, Kamis (15/1/2015) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari tadi.

Di Polsek Sagulung, Aw mengaku, aksi keduanya itu hanya iseng-iseng saja. Pelaku juga bukan hanya dua orang, melainkan bersama lima teman lainnya. Hanya saja kelima temannya itu berhasil kabur.

Editor: Dodo