Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kini Google Translate dapat Tafsirkan Bahasa Lewat Suara
Oleh : Redaksi
Kamis | 15-01-2015 | 11:55 WIB

BATAMTODAY.COM - Google mengatakan aplikasi Translate-nya sekarang dapat menafsirkan, dengan tambahan fungsi penerjemahan suara saat itu juga.

Perusahaan tersebut mengatakan app yang sudah diperbarui akan secara otomatis mengenal bahasa yang disuarakan dan menerjemahkannya.

Perbaruan yang diluncurkan hari Rabu (14/1/2015) tersebut juga memungkinkan pengguna langsung menerjemahkan pesan dengan menggunakan kamera telepon genggam mereka.

Tetapi seorang akademisi mengatakan aplikasi tidak akan mampu memahami perangkat linguistik yang lebih rumit, seperti dilaporkan wartawan BBC Kevin Rawlinson.

Pengajar bahasa asing modern di Universitas Northumbria, Ariane Bogain, mengatakan app itu tidak bisa memahami nuansa, kebudayaan, atau lelucon.

"Untuk hal-hal umum, mungkin sangat berguna. Ibu saya misalnya, yang tidak bisa berbicara bahasa lain tetapi suka bepergian, dapat berjalan-jalan sendirian."

Sebelum perbaruan ini, aplikasi Google dapat menerjemahkan suara atau tulisan frasa dan mengulanginya namun bekerja dari satu frasa ke frasa selanjutnya, bukannya pada saat itu juga.

Sementara pengucapan dan irama pembacaan kadang-kadang menimbulkan masalah.

Sumber: BBC