Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ilmuwan Nyatakan Tidur Penting Bagi Proses Belajar
Oleh : Redaksi
Kamis | 15-01-2015 | 08:12 WIB
ilustrasi_tidur.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - KUNCI dari proses belajar dan ingatan pada usia dini adalah berbaring dalam waktu yang lama, kata para ilmuwan. Percobaan dengan 216 bayi, yang tertua berumur 12 bulan, mengisyaratkan mereka tidak mengingat tugas baru jika tidak tidur dalam waktu yang lama segera sesudahnya.

Tim Universitas Sheffield memperkirakan waktu paling tepat untuk belajar kemungkinan adalah beberapa saat sebelum tidur. Mereka juga menekankan pentingnya membaca menjelang tidur.

Para ahli mengatakan, tidur kemungkinan lebih penting di usia dini dibandingkan masa-masa lainnya dalam kehidupan. Manusia memang lebih banyak tidur saat bayi dibandingkan tahap lain dalam kehidupan.

Tetapi peneliti di Sheffield dan universitas Bochum Ruhr di Jerman mengatakan, "Ternyata hanya sedikit yang diketahui" tentang peran tidur pada tahun pertama kehidupan.

Mereka mengajarkan bayi berumur enam-12 bulan tiga hal baru yang melibatkan permainan dengan boneka tangan. Setengah bayi tidur pada masa empat jam belajar, sementara sisanya tidak tidur sepenuhnya atau tidur sebentar dalam waktu kurang dari 30 menit.

Pada hari berikutnya, bayi didorong untuk mengulangi hal-hal yang diajarkan. Hasilnya, seperti yang diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences, menunjukkan 'tidur seperti bayi' sangat penting dalam proses belajar.

Secara rata-rata, satu setengah tugas dapat diulangi setelah bayi tidur sepenuhnya. (*)

Sumber: BBC