Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Cara Mengecilkan Perut Paling Mudah
Oleh : Redaksi
Rabu | 14-01-2015 | 13:10 WIB
diet.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Ada berbagai macam cara mengecilkan perut , dari yang paling susah sampai yang paling mudah. Anda mungkin tidak memiliki keluhan apa pun mengenai berat badan. Tapi, coba lihat perut Anda. Bisa jadi perut Anda masih buncit. Penyebab perut buncit adalah tumpukan lemak atau perut kembung yang bereaksi terhadap jenis makanan tertentu sehingga perut dipenuhi gas atau kondisi medis lain yang lebih serius. 

Jika alasan perut membuncit karena tumpukan lemak di area perut, Anda perlu berolahraga supaya bisa mengecilkan perut. Tapi, Anda juga perlu mengecek makanan yang Anda konsumsi. Pasalnya, mengganti makanan bisa menjadi cara mengecilkan perut yang paling efektif. Simak di sini:

Gandum murni
Berbagai makanan yang termasuk gandum murni (karbohidrat kompleks) adalah quinoa, oats, dan gandum yang membantu mengecilkan perut karena kandungan serat yang tinggi dapat menjaga level insulin tetap rendah. Hal ini akan membantu mengerutkan sel lemak. Dalam sehari, Anda setidaknya harus mengonsumsi sebanyak 6 ons gandum murni.  

Ikan salmon
Salmon bisa juga dipakai sebagai cara mengecilkan perut karena kandungan asam lemak Omega-3 dan vitamin D. Asal tahu saja, kurang vitamin D dalam darah dapat mengakibatkan obesitas, termasuk di area perut. Omega-3 juga dapat membantu tubuh membakar lemak dan mencegah penumpukan lemak. 

Kuning telur
Kuning telur mengandung protein dan baik dikonsumsi saat sarapan untuk tambahan energi. Kuning telur juga mengandung vitamin B12 yang bisa menghancurkan sel lemak, vitamin D, dan choline yang membantu metabolisme lemak sehingga bisa mengecilkan perut. 

Minyak zaitun
Lemak sehat jenis monounsaturated dalam minyak zaitun dapat mengaktifkan gen yang bisa membakar lemak. Kandungan lemak sehat dalam minyak zaitun juga membantu mengontrol gula darah sehingga Anda kenyang lebih lama serta mengurangi lemak di perut. Cukup konsumsi 1 sendok makan minyak zaitun dalam tiap sajian sebagai cara mengecilkan perut.

Asparagus
Asparagus lebih efektif mencegah kembung sebab memiliki kandungan prebiotik yang bisa mengurangi gas dalam perut. Selain itu, kandungan serat dapat menghindarkan perut dari radang serta iritasi. Makan asparagus rebus beberapa kali seminggu dan sajikan dengan sedikit siraman minyak zaitun untuk mengecilkan perut.

Pisang
Pisang mengandung potasium yang memicu pelepasan kelebihan sodium dan air di dalam tubuh. Serat larut dalam pisang juga meredakan atau mencegah sembelit yang membuat perut buncit. Konsumsi pisang sebagai camilan atau campuran smoothie. Cara mengecilkan perut ini juga bisa didapatkan dari ubi jalar, kacang, tomat, sayuran berdaun hijau, dan kurma.

Mentimun
Mentimun mengandung banyak air dan rendah kalori sehingga baik bagi hidrasi tubuh dan menjaga berat badan. Jadi, tambahkan mentimun dalam sandwich atau salad agar Anda memperoleh manfaat enzim yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. 

Air Putih
Minum air putih yang cukup setiap hari adalah cara mengecilkan perut paling mudah. Pasalnya, tubuh memerlukan air supaya serat tidak membuat sembelit. Delapan gelas sehari atau setara 3 liter merupakan jumlah minimal air harian bagi orang dewasa. Tambahkan penambah rasa alami seperti jeruk nipis, lemon, mentimun, hingga daun peppermint untuk variasi. 

Sumber: meetdoctor.com