Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SPP Jurusan Kedokteran di Perguruan Tinggi Swasta Inggris Ini Rp690 Juta!
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-01-2015 | 15:46 WIB
medical-students-examining-skeleto_450.jpg Honda-Batam
Foto: timeshighereducation.co.uk

BATAMTODAY.COM - INGIN menjadi dokter memang butuh biaya besar. Apalagi di Inggris. Jurusan kedokteran di Universitas Buckingham, di Inggris menetapkan sumbangan pembinaan pendidikan sebesar £36.000 per tahun atau sekitar Rp690 juta.

Perguruan tinggi swasta pertama di Inggris itu baru saja membuka sekolah kedokteran dan 67 mahasiswa angkatan pertama dijadwalkan masuk kuliah pekan ini. Sekolah kedokteran ini semula ditargetkan menarik mahasiswa asing, tetapi sebagian besar mahasiswa yang mendaftar berasal dari Inggris sendiri, seperti dilaporkan wartawan BBC, Sean Coughlan.

Universitas Buckingham mengatakan, jurusan kedokteran tampaknya sangat diminati sehingga mahasiswa dan keluarga mereka berani membayar mahal untuk kuliah di perguruan tinggi swasta terseut. Sementara sumbangan pembinaan pendidikan di universitas negeri ditetapkan £9.000 per tahun atau sekitar Rp172 juta.

Kuliah di sekolah kedokteran swasta pertama di Inggris tersebut akan berlangsung selama 4,5 tahun. Menurut Universitas Buckingham, persyaratan masuk sama standarnya dengan jurusan kedokteran di perguruan-perguruan tinggi terkemuka lainnya.

Jurusan kedokteran biasanya dibanjiri peminat dan pihak universitas harus menolak ribuan calon mahasiswa. (*)

Sumber: BBC