Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

60 Desa di Lingga Gelar Pilkades Tahun Ini
Oleh : Nurjali
Kamis | 08-01-2015 | 13:28 WIB

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Sebanyak 60 dari 75 desa di Kabupaten Lingga bakal menggelar pesta demokrasi pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak pada 2015 ini.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Andi Aziz melalui salah satu stafnya, Kuncoro mengatakan pilkades serempak ini akan digelar di medio Mei atau Juni mendatang.

"Tapi tanggal pastinya masih menunggu keputusan rapat dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Lingga dan beberapa lembaga lainnya," kata Kuncoro, Kamis (8/1/2015).

Mekanisme pilkades ini nantinya akan disusun oleh BPD (Badan Pemusyarawatan Desa) yang mengacu pada Peraturan Bupati dan Peraturan Daerah tentang Desa, serta acuan dari Kementerian Dalam Negeri yang terbaru.

Bagian Pemerintah Kabupaten Lingga dalam pemilihan Kepala Desa nanti hanya berperan sebagai peninjau, melalui perpanjangan tangan dari kecamatan masing-masing.

"Mekanisme pemilihannya akan ditentukan oleh panitia dari BPD, yang mengacu pada peraturan yang berlaku, mulai dari Perda, Perbup dan Permendagri," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat desa yang akan menggelar pilkades  agar lebih memperhatikan figur calon pemimpin mereka serta kompetensi yang dimiliki mengingat pemerintahan desa di 2015 ini akan lebih menjadi sorotan publik, khususnya dalam pengelolaan anggaran yang cukup besar dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Kalau kami dari pemerintah, berharap agar masyarakat desa yang merayakan pesta demokrasi di desa ini, lebih hati-hati dan teliti memilih figur kepala desanya karena, sekarang ini pemerintahan desa itu menjadi sorotan publik, khususnya anggaran yang dikelola tidak sedikit," ungkapnya. 

Editor: Dodo