Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinas Pendidikan Batam Bakal Lakukan Mutasi Kepala Sekolah Besar-besaran
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 08-01-2015 | 10:17 WIB
muslim_bidin.jpg Honda-Batam
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pendidikan Kota Batam melakukan mutasi besar-besaran di sekolah. Seluruh kepala sekolah akan dimutasi.

"Semua kepala sekolah akan dimutasi agar sekolah lebih maju dan berprestasi. Karena, pergantian pimpinan di suatu lembaga pendidikan sangatlah penting. Tentunya program-program di sekolah dengan adanya kepala sekolah yang baru juga sangat dibutuhkan," ujar Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Kamis (8/1/2014).

Kendati demikian, Muslim mengaku belum memastikan kapan mutasi itu akan dilakukan. Dinas Pendidikan, katanya, masih membutuhkan kajian yang menyeluruh sehingga mutasi itu diharapkan sangat bermanfaat untuk memajukan pendidikan di Batam khusunya di sekolah.

Menurutnya, banyak hal yang harus dipikirkan sebelum mutasi itu dilaksanakan. Dinas Pendidikan masih melakukan analisis kebutuhan, untuk melihat siapa saja kepala sekolah yang dipertahankan dan akan dimutasi.

"Analisis yang sedang kami kerjakan untuk melihat apakah kepala sekolah masuk dalam kualifikasi yang telah ditentukan. Sementara selama menjabat sebagai kepala sekolah, prestasi apa saja yang sudah diraihnya," jelas Muslim.

Namun, Muslim membenarkan bahwa kepala sekolah yang sudah menjabat selama lebih dari empat tahun masuk dalam daftar yang akan dimutasi. Kendati demikian, jika kepala sekolah itu telah menghasilkan prestasi dan kemajuan, maka jabatannya di sekolah bersangkutan akan diperpanjang empat tahun lagi.

"Kalau kepala sekolah yang sudah menjabat lebih dari empat tahun itu wajib untuk dilakukan mutasi karena sudah ketentuanya. Tapi kalau kepala sekolah tersebut memiliki nilai tersendiri dan berhasil membuat sekolah itu lebih baik dari kepala sekolah sebelumnya, itu wajib untuk dipertahankan," terang Muslim. (*)

Editor: Roelan