Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tumpukan Sampah di Luar Bin Kontainer Perlambat Proses Pengangkutan
Oleh : Hadli
Selasa | 06-01-2015 | 11:11 WIB
angkut_sampah....jpg Honda-Batam
Petugas DKP Batam saat mengangkut sampah di kawasan Dotamana, Batam Kota.

BATAMTODAY.COM, Batam - Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam kewalahan dengan banyaknya sampah yang menumpuk di luar bin kontainer atau kotak tempat penampungan sampah sementara.

Kondisi ini, menurut mereka memperlambat proses pengangkutan sampah yang menumpuk hampir di seantero Batam.

Dodi, salah seorang petugas angkut sampah mengatakan, saat ini DKP menambah armada untuk mempercepat proses pengangkutan di wilayah Kelurahan Belian yang menumpuk di puluhan titik. 

"Awalnya hanya 4 bin kontainer yang di simpang Dotamana ini dengan 1 truk besar, tapi sekarang sudah 2 truk besar, jadi dua trip untuk mengangkut sampah ini," kata dia, Selasa (6/1/2015). 

Sedikit menghambat proses pengangkutan, kata dia warga masih banyak yang membuang sampah di luar bin kontainer. Sehingga sampah harus dikemas kembali  ke dalam kantong plastik yang selanjutnya dimasukkan ke bin kontainer. 

Sampah-sampah yang diangkut, berasal dari perumahan sekitar cikitsu hingga Botania yang seterusnya dibawa ke TPS yang berada di Mega Legenda menggunakan dengan cara digeret mobil pic up. Mobil pic upnya juga berisi sampah setiap pengantaran ke TPS. 

Pantauan di lapangan, sejumlah titik sampah yang menumpuk  berada di pinggir jalan wilayah Kelurahan Belian merupakan sampah pedagang makanan malam. Namun ada juga sampah milik warga sekitar yang turut membuang sampah. 

Heriadi, warga Botania mengatakan  permasalahan sampah sudah menjadi ikon Batam karena setiap hari besar sampah menumpuk. Padahal masyarakat membayar iuran setiap bulannya. 

"Masyarakat setiap bulan membayar iuran, masaah sampah menumpuk masyarakat tidak mau tahu, tahunya harus segera dibersihkan," cetusnya. ‎

Editor: Dodo