Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Syahbandar PDS Hentikan Pelayaran Selama 2 Jam
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 19-12-2014 | 11:18 WIB
cuaca-buruk-lagi.gif Honda-Batam
Keberangkatan kapal di PDS ditunda akibat cuaca buruk.

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca di pagi hari di Kepulauan Riau, khususnya Kota  Batam yang diguyur hujan disertai angin kencang membuat Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) menghentikan pelayaran laut antarprovinsi maupun kota, Jumat (19/12/2014). 

Kepala Syhbandar Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Yovan Siahaan, mengatakan cuaca perairan Batam sangat buruk. Hujan yang disertai angin kencang membuat gelombang laut tidak memungkinkan kapal untuk berlayar.

"Kita tunda kurang lebih 2 jam dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB karena cuaca hujan daras disertai angin kencang membuat pelayaran dihentikan. Apalagi jarak pandang sangat terbatas," ujar Yovan kepada BATAMTODAY.COM.

Penundaan keberangkatan kapal kata Yovan sedikitnya ada 5 kapal dengan empat tujuan. Yaitu Batam-Dumai dua kapal, Batam- Tanjungbalai Karimun satu kapal. Batam-Buton satu kapal, dan Batam-Pekanbaru satu kapal.

Namun demikian kata Yovan beruntung seluruh penumpang tidak ada yang terlantar. Dikarnakan jadwal keberangakatan yang ditunda memang berangkat pada pukul 08.00 WIB. Sehingga tidak membuat jadwal keberangkatan ditunda  tidak terlalu lama. 

"Penumpang menerima kapal ditunda karena mereka mengakui cuaca buruk. Untuknya tidak ada jadwal kapal yang berangkata pada pukul 07.00 WIB. sehingga tidak membuat penundaan begitu lama menunggu penundaan keberangkatan," ujarnya.

Yovan menjelaskan pukul 10.00 WIB lima kapal sudah diizinkan berlayar, hal itu setelah melihat cuaca mulai membaik lantaran jarak padang sudah terbatas, curah hujan dan angin kencang untuk perairan Sekupang sudah dikatakan lebih baik dari pada pagi tadi.

"Jadwal keberangkatan yang ditunda selama 2 jam sudah kita izinkan untuk berlayar. Tapi kita instruksikan kepada kapten kapal untuk memperlambat laju kapal dan menyalakan rambu-rambu pelayaran, sehingga kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi," pungkasnya.  

Editor: Dodo