Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Australia Rilis Gambar Pencarian MH370 di Dasar Samudera Hindia
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-12-2014 | 14:10 WIB
dasar_laut_samudra_hindia_mh370.jpg Honda-Batam
Gambar pencarian pertama yang dirilis ATSB. (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM - BIRO Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) telah merilis gambar pencarian bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 untuk pertama kalinya. Pencarian kali ini dilakukan di dasar laut Samudra Hindia.

Gambar yang dirilis ATSB -yang memimpin perburuan MH370 yang hilang pada 8 Maret lalu- berupa citra dari hasil sonar akustik dari dasar laut yang diambil dari kapal Marshall Islands, GO Phoenix.

Dalam rilisnya ATSB menyatakan, selain mencari bangkai MH370, pencarian bawah laut itu juga bertujuan untuk memetakan koordinat puing-puing MH370 untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan pemulihan komponen pesawat tertentu, termasuk rekaman penerbangan, yang akan membantu penyelidikan oleh pemerintah Malaysia.

"ATSB telah memanfaatkan data dari hasil survei batimetri untuk mempersiapkan rencana awal dalam pencarian di bawah air, yang harus diikuti dan disebut oleh semua pihak yang terlibat. Rencana tersebut meliputi timing pencarian, metode, prosedur, tindakan pencegahan keselamatan dan daerah pencarian awal untuk berbagai kapal," kata ATSB dalam pernyataanya.

Proses pencarian MH370 sudah menyusuri lebih dari 9.000 kilometer persegi dasar laut Samudera Hindia dari 200.000 kilometer persegi wilayah pencarian telah disurvei. Daerah pencarian utama yang diprioritaskan adalah di lokasi 60.000 kilometer persegi di lepas pantai Australia Barat. (*)

Editor: Roelan