Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bocorkan Rahasia di Internet, Tiga Klub Sepakbola di Indonesia Terkena Sanksi FIFA
Oleh : Redaksi
Kamis | 11-12-2014 | 15:30 WIB

BATAMTODAY.COM - KOMITE Disiplin FIFA pada Rabu (10/12/2014) telah menjatuhkan sanksi kepada tiga klub di Indonesia karena membocorkan rahasia mengenai sistem transfer (TMS) di media sosial. Ketiga klub yang terkena sanksi itu adalah Persebaya Surabaya dan Bali Devata Persires, dan PSIS Semarang.

Dalam siaran persnya, FIFA menyatakan, Persebaya dan Persires didenda 25.000 franc Swiss atau sekitar Rp318 juta karena mempublikasikan data FIFA Transfer Matching System (TMS) melalui akun Twitter. Sementara PSIS Semarang didenda 15.000 franc Swiss atau sekitar Rp190 juta me-retweet konten tersebut.

Ketiga klub tersebut juga telah menerima surat teguran pada Selasa (9/12/2014) lalu. Sanksi tersebut merupakan bentuk pelanggaran terhadap aturan FIFA mengenai status dan transfer pemain.

Ini merupakan kasus yang pertama kalinya bagi Komite Disiplin memberikan sanksi kepada klub sepakbola atas pembocoran rahasia FIFA ke media sosial.

Mereka mengikuti penyelidikan oleh FIFA TMH GmbH - bagian di FIFA yang bertugas memastikan bahwa transfer internasional pemain profesional dilaksanakan sesuai TMS yang diwajibkan sejak Oktober 2010. Selain itu, pengunggahan data secara online juga harus dilakukan secara rahasia dan terbatas bagi pihak-pihak yang terlibat langsung dalam urusan transfer. (*)

Editor: Roelan