Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Nyatakan Warganya Lakukan Serangan Bom Bunuh Diri Atas Nama ISIS
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-12-2014 | 10:06 WIB
140612134500_homs_car_bomb_512x288__nocredit.jpg Honda-Batam
Suasana kota Homs, Suriah, sesaat setelah serangan bom bunuh diri. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Kepolisian Malaysia mengatakan seorang warganya melakukan serangan bunuh diri untuk kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS di Suriah bulan lalu. Warga negara Malaysia itu diidentifikasi sebagai Ahmad Affendi Abdull Manaff (27) dari negara bagian Kelantan.

Ia diketahui berangkat ke Suriah pada April lalu untuk bergabung dengan ISIS. Pihak berwenang meyakini Ahmad Affendi Abdull Manaff mengendarai truk penuh dengan bom di Homs awal bulan lalu. Serangannya menewaskan 50 tentara Suriah.

Menurut pihak berwenang Malaysia, 40 warga negara Malaysia diketahui telah bergabung dengan kelompok yang menyebut diri Negara Islam di Suriah dan Irak. Mereka juga menangkap lebih dari 40 orang yang sejauh ini diketahui memberikan dukungan atau pendanaan kepada kelompok militan.

Baru-baru ini Perdana Menteri Najib Razak mengatakan pemerintah merancang undang-undang baru untuk menangani terorisme. Ini dilakukan untuk mengatasi kecenderungan yang berkembang bahwa ISIS memikat anak-anak muda.

Mereka menggunakan jejaring sosial Facebook untuk memikat kaum muda dan mendanai mereka bergabung dengan ISIS. (*)

Sumber: BBC