Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belum Dapat Surat Resmi Mendikbud, Batam Tetap Jalankan Kurikulum 2013
Oleh : Gokli
Selasa | 09-12-2014 | 12:02 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Pendidikan di Kota Batam sepertinya akan tetap menjalankan penggunaan kurikulum 2013. Sebab, surat resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) soal pengentian kurikulum 2013 belum diterima sampai saat ini.

"Saya belum dapat surat resmi dari Kementerian, baru lihat di televisi. Kalau itu dalam bentuk surat, saya bisa jalankan," kata Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, kemarin.

Menurutnya, selain menjadi salah satu kota penerepan kurikulum baru, pendidikan di Kota Batam sudah sangat siap menjalankan kurikulum 2013. Bahkan, kata Dahlan, pihaknya sudah melakukan training of trainer (ToT) untuk penerapan kurikulum 2013.

"Wajar-wajar saja, saya tunggu surat resmi menteri," ujarnya.

Karena belum adanya surat resmi dari Kemendikbud, Pemko Batam juga tetap mengalokasikan anggaran untuk penerapan kurikulum 2013 itu. Pengalokasian anggaran itu termasuk dalam APBD Batam 2015 yang sudah diketuk palu oleh DPRD pada Senin (8/12/2014) malam.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Batam Ricky Indrakari menyampaikan, daerah belum sepenuhnya siap untuk menjalankan kurikulum 2013. Kebijakan Mendikbud Anies Rasyid Baswedan untuk menghentikan penggunaan kurikulum 2013, kata Ricky sebagai penyempurnaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006.

"Ini positif. Harus ada semacam assessment. Karena daerah belum sepenuhnya siap," kata dia.

Dikatakan Ricky, ketidaksiapan penerapan kurikulum 2013, bisa dilihat dari beberapa aspek, misalnya guru atau tenaga pengajar, dan kesiapan pihak sekolah untuk jam belajar yang lebih panjang. Sehingga, kurikulum 2013 masih perlu disempurnakan lagi.

"Sebenarnya bukan menghentikan kegiatan kurikulum 2013, hanya perlu penyempurnaan. Yang sudah gunakan tiga semester dan sekolah sasaran tetap jalan aja," tutupnya.

Editor: Dodo