Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IHSG Rebound 24.295 Poin Ke Level 3,746.598

Wallstreet Mixed, Bargain Hunting Landa Wallstreet
Oleh : sumantri
Senin | 20-06-2011 | 09:57 WIB
jsx_composite_index_open_market_Senin,_20_uni_2011.png Honda-Batam

jsx composite index open market Senin, 20 uni 2011

Batam, batamtoday - Bursa regional coba bangkit dari keterpurukannya sepanjang pekan kemarin. Bursa saham di AS yang penutupan akhir pekan lalu berakhir mixed. Faktor teknikal dan aksi bargain hunting memberi peran atas kenaikan bursa regional kali ini. Kendati sebenarnya sikap pelaku pasar masih dibayangi kecemasan mereka terhadap krisis yang melanda di benua biru.

"Kabar terakhir pada pertemuan Menteri Keuangan Eropa kemarin, Perdana Menteri Jean-Claude Juncker menyatakan bahwa Yunani akan mendapat angsuran pinjaman berikutnya sebesar 12 miliar euro pada awal Juli, hanya bila berhasil menyetujui pemotongan anggaran 28 miliar euro dan reformasi ekonomi hingga akhir bulan ini," tukas Johan Effendi, Analis Senior Phillip Securities Batam, kepada batamtoday, Senin, 20 Juni 2011.

Sebagimana diketahui, Jumat lalu, pemimpin Jerman dan Perancis menyatakan sepakat mendukung bantuan untuk Yunani yang mencakup partisipasi investor swasta berdasarkan Inisiatif Wina. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menyerukan bantuan untuk Yunani agar segera dilaksanakan.

Merkel mengatakan Inisiatif Wina, berdasarkan kesepakatan 2009 oleh bank untuk mengendalikan eksposur di Eropa di tengah krisis finansial, menjadi landasan tepat untuk Yunani. Dukungan atas pendekatan itu merupakan perubahan sikap Berlin, yang sebelumnya menuntut agar investor harus ikut menanggung beban bailout yang akan berikan untuk Yunani.

Jerman sepakat dengan Perancis bahwa keterlibatan swasta secara sukarela. Kedua pemimpin menemukan titik temu soal bagaimana kesepakatan layaknya dibuat. Sarkozy menyebut empat kriteria untuk memastikan peran investor swasta, termasuk kesukarelaan, menghindari default, mendapat dukungan dari ECB, dan dirampungkan secepatnya. Kedua pemimpin juga mengimbau laporan penuh soal kondisi Yunani oleh Uni Eropa, IMF dan ECB, agar segera dipresentasikan.

Sementara itu nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing terutama dolar Amerika di pasar spot valas antar bank Jakarta berada di level Rp8,577.00 per dolar Amerika, menguat 4 poin jika dibandngkan pada perdagangan sebelumnya. Harga minyak dipasar internasional berada di level 92.56 dolar Amerika per Barel dan harga emas murni di bursa NYMEX New York berada di level 1540.60 dolar Amerika per troy ounce.

Jajaran Top Gainers pada perdagangan hari ini di isi oleh saham-saham berkode Emiten GGRM naik 700 poin ke level Rp45.000, DSSA naik 550 poin ke level Rp15.550 dan BYAN naik 300 poin ke level Rp20.500.

Jajaran Top Gainers pada perdagangan hari ini di isi oleh saham-saham berkode Emiten INTP turun 100 poin ke level Rp16.800, ACES turun 75 poin ke level Rp2.925 dan TSPC turun 50 poin ke level Rp2.100.