Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kesadaran Menggunakan Helm di Sekupang Rendah
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 18-06-2011 | 15:47 WIB

Batam, batamtoday - Kesadaran masyarakat untuk menggunakan helm sebagai pelindung kepala serta kaca spion masih rendah. Diwilayah Seiharapan Sekupang, banyak pengendara yang tidak mengenakannya, padahal itu sebagai pengaman untuk menghindari benturan apabila terjadi kecelakaan.

Apabila terjadi kecelakaan atau tabrakan sangat dimungkinkan bahwa tubuh kita akan terpental. Hal tersebut bisa menyebabkan anggota tubuh ataupun kepala kita membentur benda keras. Kaca spion juga sangat diperlukan untuk mengetahui dan melihat kendaraan disamping kanan atau kiri menghindari kecelakaan.

Pantauan batamtoday pada Sabtu, 18 Juni 2011, kebanyak pengendara sepeda motor tidak pakai helm, terutama anak-anak remaja, seolah-olah tak perduli dengan peraturan dan keselamatannya.

Soleh, salah satu penjual buah dipinggir jalan mengatakan kalau disana memang banyak orang gak pakai helm, apalagi kalau sudah malam hari disini sudah jarang yang memakainya. Lagian, sepengetahuannya kalau sudah sore sampai malam hari, sangat jarang ada Polisi disana.

"Paling banyak gak pakai helm itu anak sekolah. Ada yang hanya pake satu helm, ada juga yang gak pake kedua-duanya," ungkap Soleh.

Sementara itu, Darwin salah satu pengendara motor mengaku malas pakai helm, apalagi kalau bawa motornya cuma disekitaran Sekupang. Tidak hanya dia yang tidak pakai helm, tetapi banyak orang.

"Hampir semua gak pake helm. Kalau saya karena malas aja, kurang garang dan gak mantap kalau pakai helm," kata Darwin, pemilik motor bebek itu.