Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPBD Batam Dapat Bantuan Satu Mobil dan Dua Motor dari BNPB
Oleh : Gokli
Selasa | 02-12-2014 | 15:35 WIB
azman bpbd.jpg Honda-Batam
Kepala Pelaksana BPBD Batam, Azman.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Batam yang telah melebur menjadi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendapat bantuan satu mobil komando dan dua sepeda motor trail dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Hal ini diakui Kepala Pelaksana BPBD Batam, Azman di gedung DPRD Batam, Selasa (2/12/2014) siang. Menurut dia, BPBD Batam dibagi menjadi empat bidang masing-masing pemadam, rehab rekon, mitigasi dan logistik.

"Empat bidang yang disatukan menjadi badan ini agar lebih gampang dikomando dan lebih sigap menangani bencana. Setelah menjadi badan di bawah BNPB, kita dapat bantuan satu mobil komando dan dua unit motor trail," jelasnya.

BPBD Batam, kata Azman akan menangani masalah bencana dalam skala kecil dan sedang. Sementara bencana besar, seperti letusan gunung berapi dan tsunami langsung ditangani BNPB Pusat.

Selain itu, sambung Azman, BPBD Batam juga akan mendapat bantuan tenda dari BNPB, dan beberapa bantuan lain untuk penanggulangan bencana alam. Sehingga, kata dia, BPBD perlu melakukan penambahan personel dan penambahan pos.

"Penerimaan personel baru tak ada, tapi kita sudah ajukan ke wali kota untuk dilakukan mutasi internal. Setidaknya kita butuh 10-15 orang tambahan personil," jelasnya.

Tahun depan BPBD Batam akan mendapat anggaran dari APBD Rp7,5 miliar ditambah Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp3 miliar. Anggaran ini akan digunakan untuk penambahan pos dan dana untuk penanggulangan bencana yang terjadi di Batam.

"Kita baru punya dua pos. Masih perlu ditambah beberapa lagi," tutupnya.

Editor: Dodo