Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dituduh Rasis, FA Selidiki Materi Instagram Balotelli
Oleh : Redaksi
Selasa | 02-12-2014 | 12:07 WIB
balotelli-liverpool-45.jpg Honda-Batam
Mario Balotelli. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM - Asosiasi Sepakbola Inggris, FA sedang menyelidiki materi yang diunggah Mario Balotelli ke halaman Instagram-nya karena dianggap bernada anti-Semit dan rasis.

Striker Liverpool itu telah menghapus materi tersebut dari halaman Instagram-nya. Balotelli menuliskan sederet kalimat dengan menyisipkan karakter Super Mario dari permainan Nintendo

Adapun Asosiasi sepak bola Italia melalui akun Twitternya menyangkal kalimat yang dituliskan Batoelli itu bernada rasis.

FA menegaskan akan menyelidiki materi yang dituliskan Balotelli, sementara Liverpool mengatakan akan membicarakannya dengan Balotelli.

Juru bicara Liverpool mengatakan kepada BBC Sport: "Kami peduli dengan isi materi yang diunggah dan kemudian dihapusnya. Kami akan berbicara dengannya tentang masalah ini."

Menanggapi kritikan tersebut, Balotelli menulis di akun Twitter-nya: "Ibu saya Yahudi, jadi tolonglah kalian diam."

Tetapi, mantan pimpinan FA yang saat ini menjadi ketua kelompok masyarakat Yahudi, Simon Johnson mengatakan harus ada tindakan terhadap Balotelli.

"Kami membenci segala bentuk rasisme, di mana pun itu terjadi," kata Johnson kepada Daily Telegraph.

"Kami menyerukan kepada FA untuk menyelidiki kasus ini, dan mengambil tindakan jika kita ingin menendang rasisme dari sepakbola."

Sesuai aturan FA, apabila tuduhan adanya rasisme, seorang pemain dikenai larangan minimum bermain selama lima pertandingan.

Pada September lalu, aparat kepolisian Merseyside menyelidiki tuduhan adanya komentar rasis yang dilakukan Balotelli di akun Twitternya.

Postingan striker Liverpool di Instagram dianggap ofensif, namun Balotelli membantahnya.

Sumber: BBC