Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dave Lombardo Komentari Kualitas Permainan Drummer Metallica
Oleh : Redaksi
Selasa | 02-12-2014 | 09:31 WIB
Dave-Lombardo.jpg Honda-Batam
Dave Lombardo.

BATAMTODAY.COM - Mantan penggebuk drum Slayer, Dave Lombardo, melayangkan komentar tentang Lars Ulrich, drummer Metallica sekaligus kompetitornya, dalam tataran drummer paling tenar di kancah musik metal.

Lombardo menuturkan bahwa dengan segala kekurangannya, Ulrich merupakan drummer yang bertalenta dengan sumbangsih besarnya dalam membawa Metallica meraih kejayaan selama hampir 30 tahun, seperti dilansir Blabbermouth.

"Saya menyukai band itu (Metallica)," ujarnya, tatkala dimintai opini tentang Ulrich secara pribadi pada pekan lalu. "Mereka orang-orang hebat. James (Hetfield), Lars dan Kirk (Hammett), serta Robert (Trujillo), mereka orang-orang yang sangat baik. Saya memiliki banyak pengalaman menyenangkan dan kisah-kisah yang sangat gila dengan mereka. Namun saya tak dapat menceritakannya."

Namun, pasca dikejar dengan pertanyaan ihwal kemahiran Ulrich bermain drum yang tak jarang dicela para kritikus, Lombardo menyahut, "Saya pikir Lars merupakan drummer yang bagus. Ia pengaransemen yang bagus. Tanpa Lars, tak akan ada Metallica. Maka Anda perlu memberinya kredit atas apa yang ia lakukan untuk bandnya."

"Itu sangat penting. Terdapat empat anggota di dalam band itu. Saat ada interaksi spesial diantara para musisi di sana, dan lalu Anda mengeluarkan salah satu dari mereka, semuanya tak akan sama lagi. Jika Anda mengeluarkan Lars dari keseimbangan itu, semua tak akan lagi sama," imbuhnya, yang seolah juga membawa konteks pada kondisi Slayer pasca memecat Lombardo.

Opini Lombardo tentang Ulrich memang menarik untuk digali, mengingat beberapa tahun sebelumnya ia sempat menyindir kemahiran Ulrich bermain drum. Semuanya bermula sejak Lombardo menggantikan posisi Ulrich dalam penampilan Metallica di Download Festival pada tahun 2004 silam, lantaran Ulrich sedang menderita kelelahan hebat akibat tur panjang dan kasus perceraian dengan mantan istrinya, Skylar Satenstein.

"Saya tetap menghomati Lars, karena ia hebat dan orang baik, namun ia butuh menghabiskan satu minggu di rumah saya, dan kami butuh duduk bersama dan bermain. Saya dapat mengajarinya, 'Tidak, Lars, harusnya seperti ini!'," tukasnya sembari tertawa, kendati beberapa bulan kemudian Lombardo menegaskan bahwa itu hanya merupakan candaan dari sebuah rivalitas yang santai dan menyenangkan.

Tentang konser dimana posisi Ulrich diisi oleh Lombardo tersebut, Ulrich sendiri sempat mengemukakan, "Itu adalah konser pertama Metallica yang terpaksa saya lewatkan. Anda mencoba untuk berbaring di rumah sakit saat Dave Lombardo, drummer terhebat di planet ini, sedang tampil bersama band Anda. Itu tak mudah."

Sumber: Rolling Stone