Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lahan Rempang Galang Dikuasai Pengusaha, Warga Demo Pemko Batam
Oleh : Gokli
Senin | 01-12-2014 | 12:19 WIB
demo_warga_galang.jpg Honda-Batam
Warga Rempang dan Galang saat berunjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan warga Rempang Galang menggelar demo di Kantor Wali Kota Batam. Mereka menuntut ketegasan Pemerintah terkait status Quo lahan di daerah tersebut, yang saat ini sudah banyak dikuasai pengusaha, Senin (1/12/2014) sekitar pukul 11.00 WIB.

Menurut pendemo, kebijakan pemerintah memberlakukan status quo sangat merugikan masyarakat yang sudah lama menggarap lahan tersebut. Status quo itu dinilai hanya menguntungkan para pengusaha untuk menguasai lahan tersebut.

"Kami mendesak Pemeriantah agar berlaku adil bagi masyarakat. Seluruh lahan garapan masyarakat harus diterbitkan sertifikat," kata Sony, salah seorang pendemo.

Masih kata Soni, masyarakat Rempang Galang menolak keras kebijakan Pemerinatah karena dapat menghambat kesejahteraan masyarakat terkait status quo lahan Rempang Galang. Sebab, menurut dia, pemberlakuan status quo tersebut hanya akal busak Wali Kota Batam untuk menjual lahan tersebut pada pengusaha.

Jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi, sambung Sony, mereka akan keluar dari wilayah Kota Batam dan akan meminta kembali ke Kabupaten Kepulauan Riau yang sekarang menjadi Kota Tanjungpinang. Hal ini, katanya akan mereka suarakan juga sampai ke Pemerintah Pusat.

"Kami juga akan menutup akses Jembatan I Barelang untuk mobil dinas pemerintah. Kami akan melarang mereka masuk ke lokasi Rempang Galang," pungkas dia.

Editor: Dodo