Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kube Agro Jamur Teluksasah Raih Prestasi Tingkat Nasional
Oleh : Harjo
Senin | 01-12-2014 | 10:28 WIB
kube_agro_jamur.jpg Honda-Batam
Pengurus Kube Agro Jamur berfoto bersama dengan pejabat Kemensos RI di Jakarta. (Foto: Istimewa).

BATAMTODAY.COM - Pendamping dan Kelompok Usaha Bersama (Kube) Agro Jamur, Desa Teluksasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan, mendapatkan peringkat kedua dan tiga terbaik tingkat nasional yang diumumkan oleh Kementerian Sosial RI, di Jakarta pada Sabtu (29/11/2014) lalu.

"Untuk pendampaing Kube mendapat peringkat terbaik kedua, di bawah pendamping Kube asal Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara untuk Kube Agro Jamur mendapat peringkat terbaik ketiga di bawah perwakilan Kube terbaik asal Provinsi Bangka Belitung dan Sumatera Barat," ungkap Kepala Desa Teluksasah, Erdis Suhendri kepada BATAMTODAY.COM di Serikuala Lobam, Minggu (30/11/2014) kemarin.

Dijelaskan Erdis, untuk kategori Pendamping Kube dan Kube asal Teluksasah ini, untuk pertama kalinya meraih penghargaan bergengsi tersebut, yang secara otomatis menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat sekitarnya dan Bintan umumnya. Apalagi untuk Kube Agro Jamur, memang sudah lama dikelola oleh kelompok masyarakat yang memang dimulai dari dasar dengan modal yang sangat minim.

" Agro Jamur, dikelola mulai dari pembibitan sampai pengembangannya. Hasil dari pengembangan jamur tersebut bahkan sudah dikirim ke beberapa kabupaten atau kota di Kepri, seperti Batam, sebagai oleh-oleh. Bahkan sudah mulai diolah menjadi makanan khas seperti sate dan bentuk lainnya," katanya.

Atas perestasi tersebut, pendamping Kube dan Kube yang berhasil meraih prestasi tersebut, rencananya akan menerima penghargaan di Jambi dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial, yang akan diserahkan langsung oleh Presiden RI pada (20/12/2014) mendatang.

Sebagai catatan, baik pendamping dan Kube Agro Jamur Teluksasah, mewakili Provinsi Kepri di tingkat nasional setelah sebelumnya berhasil meraih prestasi terbaik di tingkat Kabupaten Bintan dan Provinsi Kepri. Serta sebelumnya juga sudah pernah mendapatkan kunjungan langsung dari staf presiden di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan kunjungan langsung dari Kementerian Sosial RI.

Editor: Dodo