Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Karimun Punya Potensi Menjadi Lumbung Padi Kepri
Oleh : Alrion/TN
Jum'at | 17-06-2011 | 20:54 WIB

Karimun, batamtoday - Hasil panen padi di Kabupaten Karimun baru mampu memenuhi kebutuhan lokal saja, namun jika dikembangkan secara serius, Karimun dapat menjadi lumbung padi untuk wilayah Kepulauan Riau (Kepri).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kehutanan dan Pertanian Kabuaten Karimun, Amran Shahidi, kepada batamtoday, Jumat, 17 Juni 2011, sehubungan akan dilakukanya panen raya di Kabupaten Karimun pada 22 Juni mendatang.

Pada panen raya tersebut, kata Amran,  jika tidak ada halangan, rencanaya Bupati H Nurdin Basirun akan turun ke sawah melakukan pemotongan padi bersama-sama dengan para petani.

"Bupati juga akan turun ke sawah, bersama-sama petani untuk melakukan pemotongan padi. Mudah-mudah tidak ada halangan, Insya Allah," kata dia.

Panen raya tahun ini akan dipusatkan di Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, dan kata Amran, hasil panen tahun ini jauh lebih banyak dari pada tahun lalu.

Pada tahun lalu hasil panen padi per hektarnya hanya 3,8 ton, namun pada panen kali ini, jika melihat dari suburnya tanaman dan perawatan maksimal yang dilakukan petani, diperkirakan hasilnya dapat mencapai 6 ton padi per hektar.

Adapun luas sawah yang akan dipanen di Desa Gemuruh mencakup 140 hektar, dan panen ini adalah panen kedua dalam tahum ini, jelas Amran.
 
Selama ini, masih kata Amran, yang menjadi pembina atau bapak angkat para petani di wilayah Kundur adalah Dinas Kehutanan dan Pertanian Pemkab Karimun, dan  hasilnya cukup memuaskan, dalam arti, cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup petani dan meningkatkan perekonomian para petani.

Namun demikian, Amran mengakui bahwa panen padi para petani Karimun bvelum juga mampu untuk memenuhi kebutuhan beras untuk Kabupaten Karimun, tetapi setidaknya dapat mengurangi ketergantungan beras dari luar Karimun.

Namun, tambah Amran, jika modal petani cukup, dan bantuan Pemerintah cukup, maka tidak menutup kemungkinan Karimun akan menjadi lumbung padi di Propinsi Kepri, kata Amran mengahiri.

"Jika modal cukup, dan pengembangan perswahan digalakan, maka bukan tidak mungkin Karimun akan menjadi lumbung padi untuk wilayah Kepri," pungkas Amran.