Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lansia Pecinta Internet Lebih Peduli dengan Kesehatan
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-11-2014 | 07:56 WIB

BATAMTODAY.COM - ORANG lanjut usia (lansia) pengguna internet dan peserta kegiatan kebudayaan kemungkinan besar lebih siap menjaga kesehatan, lapor penelitian. Temuan itu berdasarkan pengkajian atas 4.500 orang dewasa berumur lebih 50 tahun yang diterbitkan Journal of Epidemiology and Community Health.

Pemahaman peserta terhadap label obat, hobi dan ketertarikannya dicatat. Penulisnya mengatakan penggunaan internet dan kebiasaan menonton di bioskop dan konser kemungkinan membantu memahami informasi kesehatan.

Penelitian juga menunjukkan "pemahaman kesehatan" cenderung memburuk dengan peningkatan usia. Tetapi ini adalah hal yang penting dalam membantu orang untuk menangani keadaan kronis dan bahkan untuk menghindari kematian pada usia dini.

Penulis kajian mengikuti para partisipan dari tahun 2002 sampai 2011, dua kali menguji keterampilan mereka dalam membaca dan memahami informasi kesehatan, dengan mengukur kemampuan membaca dan menjawab pertanyaan tentang label obat palsu. Setiap dua tahun mereka ditanya tentang kegemaran mereka.

Sekitar 40 persen peserta kajian mengatakan mereka tidak pernah menggunakan internet atau email, sementara sepertiganya melakukan hal tersebut secara teratur dan 39 persen mengatakan mereka secara teratur ke bioskop, teater, galeri, konser dan opera. (*)

Sumber: BBC