Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Forum IHAN Batak Jajaki Kerja Sama dengan LIPI, UKI dan Pemkab Samosir
Oleh : Siaran Pers/Redaksi
Senin | 24-11-2014 | 14:09 WIB
pertemuan_penjajakan_kerjas.jpg Honda-Batam
Pertemuan penjajakan kerja sama Forum IHAN Batam, LIPI dan UKI.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dr Arjon Turnip, peneliti dari UPT Balai Pengembangan Instrumentasi (BPI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga merupakan Ketua Bidang Penelitian dalam Forum Intelektual Harapan Anak Negeri (IHAN) Batak memenuhi undangan Prof Dr Ir Charles O P. Marpaung MS, Ketua Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Bisnis (LPPMB) Universitas Kristen Indonesia (UKI), untuk membahas rencana kerjasama penelitian, Kamis (20/11/2014).

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh beberapa dosen Teknik UKI, antara lain Ir. Aryantono M., Ph.D, Ir. Kimar Turnip, M.Si, Ir. Rahmat Samosir, MT., Dikky Antonius, ST., M.Sc., Ir. Setyadi, MT., Rotua Vicky, S.Sos., M.Ps., dan Henry Nababan, ST seorang pengusaha di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Arjon memaparkan berapa ide topik penelitian dalam bidang energi, air bersih, dan neuroscience untuk kedokteran serta menawarkan beberapa sumber pendanaan yang mungkin dapat diperoleh untuk mendanai kegiatan penelitian tersebut.

Dia mengatakan, bahwa selama dua tahun terakhir ini telah melakukan kerjasama penelitian dengan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam bidang energi terbarukan yang dilaksanakan di desa Pardomuan Nauli Lumban Suhi dan pengembangan sistem pemijah ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Harian Boho.

"Selama melakukan penelitian di Samosir, semua SKPD terutama BAPPEDA telah memberikan dukungan penuh terhadap kelancaran penelitian dimana selama ini sangat sulit didapatkan dari pemerintah daerah pada umumnya," ujar Dr Arjon Turnip dalam siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Senin (24/11/2014).

Pada awal November 2014, Pemkab Samosir telah melakukan pertemuan dengan para fungsionaris forum IHAN Batak untuk menyatakan dukungan atas setiap kegiatan penelitian yang akan dilakukan di Samosir. Pertemuan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Ir Mangindar Simbolon MM, Sekda Ir Hatorangan Simarmata, dan sejumlah kepala SKPD.

Arjon juga menjelaskan, kemungkinan bentuk kerja sama yang akan dilakukan, misalnya UPT BPI LIPI akan melakukan pengembangan teknologi pengontrol suhu air, Puslit Limnologi LIPI akan melakukan kajian desain kolam dan kualitas air. Sedangkan UKI, katanya, dapat melakukan pemanfaatan energi air untuk mensuplai energi listrik BBI dengan menggandeng beberapa Perguruan Tinggi di Sumatera Utara melalui forum IHAN Batak yang akan mendampingi LIPI dan UKI selama pelaksanaannya, sedangkan Pemkab Samosir akan memfasilitasi sarana dan prasarana.

"Peran perguruan tinggi di Sumatera Utara sangat penting dalam pendampingan, sehingga perawatan dan kegiatan serupa dapat dilanjutkan oleh para penelitinya, tanpa harus kehadiran LIPI dan UKI," ujarnya.

Prof Charles juga menawarkan kemungkinan pendanaan yang bisa diberikan oleh UKI melalui LPPMB dengan harapan dapat menghasilkan publikasi jurnal internasional, perjanjian kerjasama dan MoU.

Editor: Redaksi