Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Suara Keadilan Rakyat dan PT Petrotech Gelar Sosialisasi Safety Riding
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 16-06-2011 | 17:44 WIB
sr2.JPG Honda-Batam

Tertib berlalu lintas - Kasatlantas Polresta Barelang, AKP Melda Yani, managemen PT Petrotech dan peserta pelatihan Safety Riding foto bersama usai acara  (Foto: Istimewa)

Batam, batamtoday - Non Government Organization (NGO) Suara Keadilan Rakyat bekerjasama dengan PT Petrotech menyelenggarakan sosialisasi Safety Riding dengan mengundang narasumber dari Satlantas Polresta Barelang, Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam. Program tersebut ditujukan untuk mensosialisasikan tertib berlalu lintas kepada para karyawan PT Petrotech.

Dalam mengkampanyekan Safety Riding ini, paparan mengenai tertib berlalu lintas dan berkendara yang baik, disampaikan langsung dipimpin oleh Kasat Lantas Polresta Barelang AKP Melda Yani dan didampingi Kanit Dikyasa Iptu Ida Mardiana serta Kanit Laka Lantas, Iptu Heri Sujati, dihadapan para peserta, Rabu, 15 Juni 2011 yang dilaksanakan di aula PT Petrotech.

"Para pekerja adalah satu sasaran kami dalam melakukan sosialisasi Safety Riding karena hampir 50 persen pengendara sepeda motor di Batam adalah pekerja," kata Melda di hadapan para peserta sosialisasi.

Melda menambahkan, terlebih lagi di daerah kawasan industri seperti Batu Ampar yang padat dan rawan terjadi kecalakaan lalu lintas. salah satu tujuan dari sosialisasi ini adalah membiasakan para pekerja untuk memperhatikan kelengkapan berkendara sebelum berangkat ke tempat kerja untuk mencegah terjadi kecelakaan.

"Kelengkapan yang perlu diperhatikan bagi pengendara sepeda motor seperti kaca spion, lampu sign, lampu utama, kondisi ban dan rem," ujar mantan Kasat Lantas Polres Tanjung Pinang ini.
  
Sedangkan bagi pengendara, lanjut Melda, diharapkan  diharapakan untuk selalu membawa STNK saat berkendara serta memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Selain itu, selalu mengamankan diri dengan mengenakan helm Standart SNI.

"Bagi meraka pengendara yang tidak memiliki SIM untuk segera mengurusnya ke Satlantas. Hal itu penting karena SIM adalah persyaratan penting bagi pengendara kendaraan," lanjutnya.

Dalam sosialisasi itu, Melda juga menghimbau pengendara sepeda motor untuk menyalakan lampu utama kendaraan meski pun itu di siang hari. Meski masyarakat masih menganggap aturan ini aneh, namun sebenarnya menyalakan lampu di siang hari itu adalah hal yang penting. Lampu yang menyala itu adalah untuk saling mengingatkan sesama pengendara untuk menghindari kecelakaan.

sosialisasi yang terus gencar dilaksanakan Satlantas Polresta Barelang ini untuk meminimalisir tingkat kecelakaan di jalan-jalan wilayah Batam. Sebab jika semua pengguna jalan raya sudah sadar, bisa jamin angka kecelakaan lalulintas di Batam bisa terus menurun.

Usai paparan dari Satlantas Polresta Barelang, agenda selanjutnya diteruskan dengan sosialisasi lain yang disampaikan oleh pihak Jasa Raharja dan Dishub Pemko Batam. Diakhir acara dilanjutkan dengan pembagian sertifikat terhadap para peserta sebagai tanda telah mengikuti sosialisasi yang telah dilaksanakan.