Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersaing dalam Mutu dan Inovasi di TKMPN XVIII dan IQPC 2014 Batam
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 18-11-2014 | 14:25 WIB
Ir_Suwahono,_Dirut_Wahana_Kendali_Mutu.jpg Honda-Batam
Ir Suwahono, Dirut Wahana Kendali Mutu. (Foto: Roni Ginting/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wahana Kendali Mutu menggelar acara Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XVIII dan International Quality and Productivity Convention (IQPC) di Hotel Harmoni One Batam, Selasa (18/11/2014).

Ketua komite pengarah sekaligus Direktur Utama Wahana Kendali Mutu, Suwahono, mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk menghimpun karya-karya yang diciptakan berbagai organisasi maupun perusahaan sehingga terjadi sharing antarpara peserta.

"Di sini penting karena produktivitas dan ekonomi bangsa. Karya masyarakat bagus, dengan sendirinya citra bangsa terangkat," kata Suwahono.

Perubahan tersebut, lanjutnya, tidak untuk semakin buruk melainkan meningkatkan mutu, mempromosikan peningkatan dan pengembangan berupa inovasi.

"Bangsa di manapun di dunia ini dipengaruhi mutu karya masyarakatnya," ujarnya.

"Kata kuncinya di mutu atau kualitas serta produktifitas. Mutu bagus, produktivitas meningkat," lanjut Suwahono.

Di tempat yang sama, Darmayanti, selaku panitia kegiatan menyampaikan, tema kegiatan tersebut adalah nasionalisme mempercepat pembangunan ekonomi dan citra bangsa. "Tujuan kita ingin menyebarkan luas mutu dan produktifitas. Acara ini kedua kalinya di Batam yakni tahun 2010 lalu dan tahun 2014 ini," terang Darmayanti.

Peserta yang berasal dari perusahaan di seluruh Indonesia akan mempresentasikan inovasi produk unggulan masing-masing. Selain itu dilakukan wawancara peserta oleh dewan juri.

"Pesertanya sampai 1.300 dari luar Batam. Jumlah tim sekitar 289. Tiap tahun meningkat dari jumlah peserta. Yang ikut tidak hanya perusahaan besar seperti Pertamina, tapi industri kecil menengah," katanya.

Pelaksanan kegiatan tersebut digelar dari Selasa (18/11/2014) sampai Jumat (21/11/2014). "Dua hari presentasi, tanggal 21 acara penganugerahan (award) sekaligus penutupan. Pemenang akan mendapat award brownze, silver, gold, platinum dan diamond," terangnya. (*)

Editor: Roelan