Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pascakenaikan Harga BBM, Bensin Eceran Pinggir Jalan Dilepas Rp16 Ribu Per Botol
Oleh : Gabriel P. Sara
Selasa | 18-11-2014 | 12:48 WIB
pengecer-bensein1.jpg Honda-Batam
Salah satu penjual bensin eceran di Jalan Brigjen Katamso Batuaji. (Foto: Gabriel/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pascakenaikan harga BBM bersubsidi jenis premium maupun solar, yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (17/11) malam, harga bensin eceran di pinggir jalan, sekitar Sagulung dan Batuaji, telah menyentuh angkat Rp16 ribu untuk setiap botolnya.


Menariknya, pascakenaikan harga BM tersebut, jumlah pengecer bensin di sepanjang jalan dari arah SP Plaza sampai Tanjunguncang juga bertambah. Dari Rp13 ribu per botol harga sebelumnya, pascakenaikan rata-rata pengecer melepas Rp16 ribu per botol.

"Ya mau gimana lagi, mau gak mau harus ikut naik juga bensinnya. Kalau gak ikut naik ya rugi lah. Itukan keputusan pemerintah, kita masyarakat kecil gak bisa berbuat apa-apa, kita ikuti aja, walaupun nantinya makin susah," ujar Suliswati, salah satu penjual bensin eceran di Simpang Barelang, kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (18/11/2O14) siang.

Dia mengatakan, dengan kenaikan BBM tersebut, dari semalam pascapengumuman kenaikan BBM, sampai sekarang belum satupun yang membeli bensin yang dijualnya. "Dari semalam usai penguman kenaikan BBM itu belum satu pun orang yang beli bensin botolan saya. Mungkin kemahalan kali, jadi orang pada ngisi di Pertamina semua," ujarnya nya.

Di tempat terpisah, Jumaidin --yang juga penjual bensin eceran botol di daerah Tanjunguncang mengatakan hal yang sama. Usai pengumuman kenaikan harga BBM semalam, penjualan botolan juga ikut naik.

Dia juga mengaku penjualan bensinnya pascakenaikan harga tidak selaris sebelumnya. Biasanya penjualan bensin botolannya dalam sehariu bisa mencapai lima sampai enam botol, namun sampai saat ini baru satu botol yang terjual.

"Dari semalam baru satu botol yang terjual, mungkin kemahalan kali, jadi pada parkir semua motornya," ujarnya.

Pantauan di beberapa SPBU yang ada di wilayah Segulung, Batuaji dan sekitarnya, terlihat sepi pengendara yang mengisi BBM baik solar maupun bensin.

Editor: Redaksi