Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersama LSM P3K, KLH Telusuri Dugaan Pembuangan Limbah B3 Pertamina Sambu di TPA Punggur
Oleh : Hadli
Kamis | 13-11-2014 | 18:13 WIB
cek_limbah.jpg Honda-Batam
Tim KLH bersama LSM P3K saat turun ke TPA Punggur.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah berada di Batam, tim Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) langsung turun menelusuri lokasi pembuangan limbah yang diduga mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) di TPA Telaga Punggur, Kamis (13/11/2014).

Bersama dengan karyawan Pertamina Pulau Sambu yang diutus Plt OH Pertamina Sambu, Sianipar, dan Staf Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam, tim KLH yang didampingi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Persatuan Pemuda Padat Karya (P3K) Batam melakukan penelusuran. 

Namun, limbah yang diklaim merupakan sampah rumah tangga dari Pertamina Sambu sebanyak 2.500 meter kubik, yang diduga telah terkontaminasi dengan limbah B3 jenis oil sludge sudah tidak ditemukan lagi, karena sudah tertimbun rapi dengan limbah rumah tangga warga Batam di lokasi pembuangan. 

Di TPA Telaga Punggur, kepada Ketua LSM P3K, Gamal P, Imelda dari tim KLH menyampaikan, saat ini mereka tidak bisa mendapatkan sampel limbah yang diduga B3 dari Pertamina Pulau Sambu, karena sudah tertimbun dengan sampah domestik. 

"Selama berada di Batam, kita (KLH) akan melakukan investigasi terkait dugaan keberadaan limbah-limbah yang ada di Batam," kata dia seperti ditirukan Gamal, Kamis (13/11/2014). 

Kepada BATAMTODAY.COM, salah seorang karyawan Pertamina Sambu mengatakan, dirinya bersama seorang rekannya diutus oleh Plt OH Pertamina Sambu, Sianipar untuk menemani tim dari KLH. 

"Kami diutus Plt OH Pertamina Sambu pak Sianipar. Kalau tidak salah sebentar lagi beliau sampai (ke TPA) mungkin saat ini masih di jalan," kata dia singkat tanpa mau menyebutkan identitas. 

Untuk diketahui, limbah yang dihasilkan Pertamina Sambu sebanyak 9.278 ton, dengan rincian tanah terkontaminasi limbah B3 kurang lebih sebanyak 2.400 jumbo bag, limbah B3 jenis oil sludge sebanyak 4.378 jumbo bag serta sampah sebanyak 2.500 kubik. 

Dari jumlah keseluruhan limbah rumah tangga dan limbah B3, 2.500 meter kubik limbah yang dibuang ke TPA diduga kuat telah terkontaminasi dengan limbah B3 dari Pertamina Sambu.

Editor: Dodo