Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapimnas Golkar Digelar di Yogyakarta 17-19 November Mendatang
Oleh : Surya
Rabu | 12-11-2014 | 16:07 WIB
Firman1.jpg Honda-Batam
Firman Subagyo

BATAMTODAY.COM, Jakarta -  Partai Golkar menetapkan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimpnas) digelar di Yogyakarta pada 17-19 November 2014 dengan agenda membahas rencana Musywarah Nasional (Munas) memilih ketum umum Partai Golkar yang baru



"Rapimnas tanggal 17-19 November 2014 di Yogyakarta. Sudah diputuskan saat rapat steering committe (SC) tadi malam," kata Ketua DPP Golkar Firman Subagyo saat dihubungi, Rabu (12/11/2014).

Ketum Golkar Aburizal Bakrie telah menunjuk Nurdin Halid sebagai Ketua SC. Eks Ketum PSSI itu dibantu oleh sejumlah anggota di antaranya Rambe Kamarul Zaman, Rully Chairul Azwar, Syamsul Bachri, dan Firman Subagyo sendiri.

Firman menuturkan bahwa SC sudah mempersiapkan materi yang akan dibahas untuk Rapimnas. Materi itu akan disahkan pada rapat pleno DPP Partai Golkar, Kamis (13/11) besok.

"Rapat pleno besok untuk mengesahkan materi Rapimnas," ujar Wakil Ketua Baleg ini.

Saat diwawancara secara terpisah, Wakil Bendahara umum Golkar Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa forum Rapimnas akan menentukan mekanisme Munas. Ajang pemilihan ketum itu bisa saja dipercepat, semuanya tergantung pada Rapimnas.

"Rapimnas untuk menentukan arah, waktu, dan tempat Munas. Apakah Munas tahun ini atau tahun depan sangat tergantung pada Rapimnas," ujar Bambang.

Sedangkan menyangkut penolakan sejumlah elite Partai Golkar yang menolak penunjukan Nurdin Halid sebagai Ketua Steering Commitee (SC) Rapimnas Golkar, Bambang menegaskan,  bahwa penunjukan Nurdin adalah wewenang Aburizal Bakrie selaku ketum.

"SK Nurdin Halid sebagai Ketua SC sudah keluar sebagai lanjutan dari rapat konsultasi minggu lalu di Bandung," kata Bambang.

Penunjukan eks Ketua PSSI sebagai Ketua SC Rapimnas ini terkesan rahasia dan sepihak. Bambang menjelaskan bahwa pembentukan panitia memang hak prerogatif Ical sebagai ketum. "Kepanitiaan itu wewenang ketum," ujarnya.

Bambang menepis anggapan bahwa penunjukkan Nurdin sebagai upaya memuluskan jalan Ical menjabat Ketum lagi secara aklamasi. Selain Nurdin, menurut Bambang, ada pendukung caketum lain yang ditetapkan sebagai panitia. "Ada semua unsur di kepanitiaan," ucap Bambang.

Penunjukkan Nurdin Halid sebagai Ketua SC Rapimnas Golkar dikabarkan sebagai bagian skenario besar Ical untuk kembali menguasai Golkar. Ketua SC memiliki wewenang untuk mengatur materi-materi yang dibahas di Rapimnas.

Editor : Surya