Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Icon Google hari ini

Kreatifitas Google Dalam Merayakan Gerhana Bulan
Oleh : sumantri
Kamis | 16-06-2011 | 10:40 WIB
Lunar_Eclipse.jpg Honda-Batam

Gerhana Bulan Yang Terjadi 16 Juni 2011 mulai pukul 01.05 - 05.15 wib, menyyuguhkan fenomena alam yang luar biasa indah

Batam, batamtoday - Kreatifitas google, sebagai search engine diranah dunia amaya, memang seakan tak ada habisnya. Semua sektor yang dianggap penting dan berpengaruh secara global baik dari sektor kesenian, Ilmu Pengetahuna dan Teknologi, Budaya, Ekonomi dan Humanisme, menjadi perhatian google, untuk di jadikan Icon search engine nomor satu di industri online.

Hari ini, Kamis 16 Juni 2011, google kembali mengapresoiasi satu kejadian fenomenal alam, yang terjadi tepatnya dini hari tadi, yaitu Gerhana Bulan (Lunar Eclipse). Laman wikipedia menulis, Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika, maka tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya gerhana bulan.

Perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2 buah titik potong yang disebut node, yaitu titik di mana bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana bulan ini akan terjadi saat bulan beroposisi pada node tersebut.

Bulan membutuhkan waktu 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi ke titik oposisi lainnya. Maka seharusnya, jika terjadi gerhana bulan, akan diikuti dengan gerhana matahari karena kedua node tersebut terletak pada garis yang menghubungkan antara matahari dengan bumi.

So, untuk masyarakat astronomy dan yang menyaksikan Gerhana Bulan tadi malam, selamat anda salah satu orang yang beruntung bisa menyaksikan fenomena alam yang langka dan sangat Indah. I Love You Puuullll, Bulan.