Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPRD Batam akan Panggil Pertamina

Hasil Sidak, Dipastikan Limbah yang Dibuang ke TPA Punggur Berasal dari Pertamina Pulau Sambu
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 11-11-2014 | 16:26 WIB
limbah pertamina.jpg Honda-Batam
Limbah dari Pertamina Pulau Sambu yang dibuang di TPA Punggur.

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi III DPRD Batam melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pertamina Pulau Sambu, Kecamatan Belakangpadang, untuk memastikan asal usul ribuan ton limbah diduga mengandung B3 yang dibuang ke TPA Punggur.

Jurado Siburian, anggota Komisi III DPRD Batam, mengatakan, hasil sidak mereka bahwa benar 3.400 ton limbah yang dibuang ke TPA Punggur berasal dari Pertamina Pulau Sambu.

"Kita ambil sampel limbahnya, memang sama dengan yang dibuang di TPA Punggur," kata Jurado, Selasa (11/11/2014).

Ia mengatakan, bahwa limbah tersebut merupakan limbah rumah tangga yang dicampur dengan limbah B3 berupa kotoran minyak atau oli bekas.

"Sebagian sampah rumah tangga, tapi ada campuran kotoran minyak. Saat ditanya ke pihak Pertamina, mereka mengaku tidak tahu," ujarnya.

"Bahkan informasi dari orang itu, kalau limbah itu sudah ada sejak ratusan tahun semenjak ada Pulau Sambu. Tapi kita kan tidak langsung percaya begitu saja," tambah Jurado.

Untuk itu, Komisi III DPRD Batam akan memanggil Pertamina Pulau Sambu untuk mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP). Pihak Pertamina diminta untuk membawa perlengkapan dan dokumen dari limbah diduga mengandung B3 yang dibuang ke TPA Punggur.

"Jadwal RDP-nya mungkin agak lama karena yang di Pulau Sambu hanya ada kepala operasional. Kita akan buat surat pemanggilan RDP ditembuskan ke Pertamina Medan," tutupnya.

Editor: Dodo