Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertahankan Predikat Mabrur, Haji dan Hajjah di Karimun Diimbau Berjiwa Sosial
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 10-11-2014 | 07:52 WIB
iphi_karimun.jpg Honda-Batam
Tabligh akbar IPHI Karimun. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Meraih predikat sebagai haji mabrur usai menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah adalah nilai yang sangat tinggi. Namun, nilai itu bisa turun drastis dalam perjalannnya akibat sikap serta perbuatan haji atau hajjah di lingkungannya sendiri.

Karena itu, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Kepri, Bhakir, meminta IPHI Kabupaten Karimun melaksanakan kegiatan ibadah sosial dalam mempertahankan pelestarian predikat haji mabrur pasca berhaji.

"Sudah suatu kewajiban IPHI di Kabupaten Karimun maupun daerah-daerah lainnya se-Provinsi Kepri melaksanakan kegiatan ibadah sosial. Seperti pembagian sembako ke masyarakat yang berhak menerima, minimal dua kali dalam setahun. Gunanya untuk mempertahankan predikat haji mabrur," ujar Bhakir saat  mengahidiri tabligh akbar serta menyambut para haji dan hajjah dalam memperingati tahun baru Islam 1436H di gedung IPHI Kabupaten Karimun, Minggu (9/11/2014) pukul 10.00 WIB.

Bupati Karimun, Nurdin Basirun, menyambut baik imbauan itu. Bahkan Nurdin akan membantu IPHI Kabupaten Karimun dalam melancarkan kegiatan ibadah sosialnya itu di bumi berazam ini.

"IPBI merupakan suatu wadah yang mulia dan terhormat. Maka ini menjadi 'PR' Pemkab Karimun untuk membantu mewujudkan dan melancarkan harapan tersebut," katanya.

Nurdin menambahkan, bulan Muharram adalah bulan yang sangat bersejarah bagi umat Islam sedunia. Di samping bulan pertama tahun Hijriyah, bulan Muharram juga menyimpan banyak peristiwa bersejarah, di antaranya hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah.

"Muharram adalah bulan yang sangat bersejarah buat ummat Islam sedunia. Maka dari itu, mengenai peristiwa bersejarah tersebut harus dihayati bagi umat muslim," pesan Nurdin.

Sementara itu Ketua IPHI Kabupaten Karimun, Alwi Bandan, menyampaikan, tujuan dilaksanakan pertemuan para haji dan hajjah seperti ini selain memperingati tahun baru Islam 1436 H, juga untuk memelihara dan melestarikan serta mempererat tali silaturahmi sesuai dengan visi dan misi IPHI.

"Misi IPHI memperdayakan para haji dalam melestarikan kemabrurran hajinya, menjadi tauladan atau panutan dari masyarakat. Sedangkan visinya meningkatkan implmentasi haji mabrur di tengah masyarakat sehingga tercipta kondisi umat dan masyarakt yang sejahtera lahir dan batin," terangnya.

Tabligh akbar yang dilaksanakan IPHI Kabupaten Karimun itu menghadirkan penceramah dari ibu kota, yakni ustaz Mahlil Afandi Nasution. Dalanm tausiyahnya, Mahlil meminta seluruh umat muslim memakmurkan masjid untuk menghilangkan kesombongan serta lebih mempererat tali silaturahmi dalam memperkuat ukuwah islamiyah dan selalu berupaya bersikap ikhlas. (*)

Editor: Roelan