Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Kelebihan Beban Listrik, Kantor Bupati Anambas Nyaris Terbakar
Oleh : Nursali
Minggu | 09-11-2014 | 22:42 WIB
kantor bupati anambas.jpg Honda-Batam
Kantor Bupati Kepulauan Anambas di Tarempa. Foto diambil beberapa waktu lalu. (Foto: Roelan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Kantor Bupati Kepulauan Anambas nyaris terbakar pada Minggu (9/11/2014) siang. Kepulan asap hitam yang muncul sempat menarik perhatian anak-anak yang sering bermain bola kaki di halaman kantor bupati itu.

Salah satu bocah yang bermain sepak bola di situ menuturkan, asap itu sempat mengepul tak jauh dari boks panel listrik yang berada di sudut pintu masuk kantor bupati. Beruntung Satuan Polisi Pamong Praja segera datang dan berhasil memadamkan api dengan menggunakan racun api.

"Kami tengah main bola, Bang. Kami lihat kok ada asap," ujar bocah tersebut.

Beruntung kepulan asap tersebut tak sempat menimbulkan api. Meski demikian kejadian ini perlu diwaspadai. Sebab kejadian serupa pernah terjadi di kantor Bagian Humas dan Protokol Setdakab Anambas yang merupakan satu bangunan dari kantor Bupati Kepulauan Anambas beberapa waktu lalu sehingga membuat para pegawai yang tengah bertugas panik akibat insiden tersebut.

"Kemarin sempat kejadian serupa, namun sudah kita laporkan ke Bagian Umum dan sekarang sudah diperbaiki," ujar Herry Fakhrizal, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Anambas.

Sementara itu, Kepala Unit PLN Tarempa, Sandy, yang dihubungi salah seorang pewarta mengatakan, kejadian tersebut dikarenakan kelebihan beban listrik. Menurutnya, saat ini daya listrik yang ada di kantor tersebut hanya sebesar  33 ribu volt ampere.

"Ada indikasi seperti itu. Harus segera direnovasi instalasi listriknya. Kalau nggak ya berulang terus. Tadi anggota saya sudah ke sana untuk memperbaiki," ujar Sandy. (*)

Editor: Roelan