Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Batam Janjikan Dana Pembinaan

Pemprov Kepri Tak Peduli Poltek Negeri Batam Juara Kontes Robot Nasional 2011
Oleh : Sumantri / Dodo
Rabu | 15-06-2011 | 11:57 WIB
M_zainuddin.jpg Honda-Batam

M.Zainuddin, Ketua Pantia Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia Tingkat Regional Sumatera I 2011

Batam, batamtoday - Kemenangan Politeknik Negeri Batam dalam menjuarai Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia, yang berakhir Minggu, 12 Juni 2011, di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, sejenak menyeruakkan euphoria suka cita bagi tim Barelang 5.1. Namun kebanggaan tim Robot Cerdas dari Barelang 5.1, harus puas dengan kenyataan dari tidak adanya simpati maupun empati dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, yang dalam hal ini Gubernur.

Menurut M. Zainuddin, ketua panitia Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia tingkat regional Sumatera, yang diselenggarakan pada pada tanggal 21 - 22 Mei 2011, dari awal terpilihnya Politeknik Batam sebagai tuan rumah Kontes Robot Indonesia Regional 1 se-wilayah Sumatera, pihak Politeknik Batam, tidak 'secuil' pun menerima dukungan baik dalam bentuk materil maupun moril.

"Kami memang diberi alokasi untuk program beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi di segala bidang oleh Pemprov Kepulauan Riau, namun untuk penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011, dari awal terpilihnya Poltek Negeri Batam, hingga memenangi kejuaraan nasional Kontes Robot Indonesia 2011, yang diselenggarakan di UGM, Pemprov Kepulauan Riau, tidak memberikan sumbangsihnya sedikitpun, baik materil maupun moril," ungkap M. Zainuddin, dengan nada kecewa, kepada batamtoday, dalam acara perayaan kemenangan Poltek Negeri Batam di Restoran Golden Prawn 933 Bengkong, Selasa Malam, 14 Juni 2011.

Ketidakpedulian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, diakui oleh M. Zainuddin, dirasakan sejak pertama kali pihak Poltek Negeri Batam, terpilih sebagai tuan Rumah Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011. Sejak itu pula pihak lembaga perguruan tinggi berstatus negeri tersebut telah mengajukan proposal yang berisi permohonan bantuan sebagai bentuk partisipasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam mensukseskan perhelatan prestisius tingkat perguruan tinggi tersebut.

"Alhamdulillah, masih ada Pemko Batam, yang masih sempat dan peduli mendukung kami dalam mensukseskan penyelenggaraan acara tersebut, hingga akhirnya kami bisa mewakili Indonesia di ajang Kontes Robot International se-Asia pasifik di Bangkok Thailand pada Agustus mendatang, dengan demikian kami bersyukur bahwa anak-anak (mahasiswa-red) memiliki tim robot yang bisa dibanggakan, dan kami juga meminta doa dari seluruh masyarakat agar bisa mengharumkan nama bangsa Kontes Robot International se-Asia Pasifik itu," ujar M. Zainuddin.