Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perpustakaan Harus Mampu Menarik Minat Orang untuk Berkunjung
Oleh : Habibi
Senin | 27-10-2014 | 17:33 WIB
Wali_Kota_Tanjungpinang,_Lis_Darmansyah_saat_memberikan_sambutan.JPG Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat memberikan sambutan. (foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perpustakaan tak hanya lengkap dengan isi dan segala fasilitasnya. Namun yang terpenting adalah bagaimana keberadaan perpustakaan itu bisa menarik minat orang untuk berkunjung.

"Dalam membangun perpustakaan bukan berarti mendirikan bangunan perpustakaan yang lengkap dengan isi dan segala fasilitasnya saja. Namun pengelola perpustakaan harus bisa menarik minat baca para pelajar agar mau datang dan membaca ke perpustakaan," ujar Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat membuka secara resmi pelatihan bagi pustakawan se-Tanjungpinang, di Hotel Sampurna Jaya, Senin (27/10/2014).

Di samping itu, pustakawan juga harus dapat menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada para pengunjung yang nantinya informasi tersebut dapat disampaikan lagi kepada masyarakat umum.

"Penyampaian informasi dapat dikemas melalui pemutaran film sejarah, dokumentasi, serta pembuatan buku maupun cerita berdasarkan pemikiran anak-anak," pesan Lis.

Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Marzul Hendri, mengatakan, kegiatan ini dimaksud untuk meningkatkan pengetahuan kepada pengelola perpustakaan sebelum memberikan pelayanan kepada pengunjung. Sehingga peran pustakawan menjadi sangat strategis dalam menumbuhkembangkan minat dan gemar membaca kepada para pelajar dan masyarakat.

Pelatihan ini diikuti 150 pengelola perpustakaan di sekolah, perguruan tinggi, kecamatan, kelurahan, kepala sekolah serta Lantamal IV. (*)

Editor: Roelan