Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 2.000 Peserta Ikuti Gebyar Pemuda di Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 27-10-2014 | 08:19 WIB
gebyar pemuda karimun.jpg Honda-Batam
Gebyar Pemuda di Karimun menyambut Hari Sumpah Pemuda.

BATAMTODAY.COM, Karimun -  Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-86 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2014 mendatang, Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kabupaten Karimun menggelar gerak jalan santai sejauh 1 kilometer.


Acara yang bertajuk 'Gebyar Pemuda' dan diikuti 2.000-an peserta dari berbagai kalangan itu bertujuan untuk mewariskan nilai-nilai, jiwa dan semangat Sumpah Pemuda 1928 lalu.

"Tujuan lainnya adalah untuk menumbuh-kembangkan kecintaan terhadap budaya nasional, peningkatan karakter serta mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebinekaan," ujar Kakanpora Karimun, Umar, S.Pd, MM, Pub dalam laporannya, Minggu (26/10/2014) pagi di panggung rakyat Purti Kemuning Coastal Area, Tanjung Balai Karimun.

Adapun rute gerak jalan santai itu sendiri dimulai dari depan panggung rakyat Purti Kemuning Coastal Area  menuju F1 Food Court Tanjung Balai Karimun, kemudian berbelok kembali kegaris finish. Dan pada saat berbelok terangnya lagi, panitia membagikan kupon doorprize kepada para peserta.

"Hadiah utama doorprize, telah disediakan berupa kulkas. Tidak hanya itu, beragam hadiah menarik lainnya juga ada, diantaranya mesin cuci, DVD, Televisi, dan sepeda," ujarnya

Sementara itu Bupati Karimun, Nurdin Basirun sebelum melepas peserta gerak jalan santai mengatakan, Sumpah Pemuda telah memberikan semangat dan motivasi baru bagi negara Indonesia, dalam memperjuangkan nasib serta eksistensinya sebagai sebuah bangsa yang berdaulat.

"Untuk memberikan makna yang lebih penting sebuah momentum sejarah, bangsa ini perlu merekontruksi dan mereaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," terangnya.

Dalam sejarah perjuangan bangsa, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang penting dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa. Selain itu, hari tersebut telah memberikan inspirasi terhadap seluruh anak bangsa untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada era globalisasi ini katanya lagi, semangat dan jiwa Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa, guna meningkatkan kualitas dan saya saing pemuda, dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. Maka dari itu, pemuda harus bisa menunjukkan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, sebagai generasi penerus bangsa.

"Peringatan hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun 2014 layak dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas pemuda Indonesia yang berjiwa wirausaha, mandiri, relawan dan berdaya saing untuk menghadapi Komunitas ASEAN 2015," paparnya.

Bahkan, melalui peringatan bersejarah ini, diharapkan dapat meningkatkan semangat pemuda dalam mengimplementasikan nilai-nilai sumpah pemuda, serta terbangunnya rasa kebersamaan, persaudaraan dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

Editor: Dodo