Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Proyek Pembangunan Pelabuhan Dabo Bakal Diteruskan di 2015
Oleh : Nur Jali
Kamis | 16-10-2014 | 10:34 WIB
proyek pelabuhan mangkrak.jpg Honda-Batam
Proyek pembangunan Pelabuhan Dabo yang mangkrak.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Proyek pembangunan perluasan Pelabuhan Dabo yang terbengkalai karena kontraktornya wanprestasi akan dilanjutkan lagi pada 2015 mendatang.


Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dari Unit Pelabuhan Dabo Singkep, Zulhendri mengatakan pihaknya telah mengupayakan agar proyek pengembangan pelabuhan ini diteruskan. Upaya tersebut diyakininya akan membuahkan hasil, dan pada tahun 2015 mendatang proyek tersebut akan diteruskan.

"Saya sudah mengantarkan langsung berkasnya ke Jakarta agar proyek ini diteruskan, dan sudah ada lampu hijau dari pusat," kata Zulhendri, Kamis (16/10/2014).

Proyek perluasan pelabuhan ini rencananya akan dilakukan perpanjangan dari sebelumnya hanya 400 meter akan ditambah menjadi 800 meter. Dengan perluasan pelabuhan ini diharapkan agar diprioritaskan untuk kapal-kapal besar yang berlabuh.

"Nanti di prioritaskan untuk kapal perintis," kata Zulhendri.

Mengenai pelaksana proyek ini, nantinya akan dilakukan proses lelang, dan kontraktor yang lama sudah di blacklist. Terkait adanya kerusakan akibat kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut, dia mengingatkan agar para pengguna pelabuhan untuk berhati-hati karena kondisi pelabuhan masih belum selesai dibangun.

"Petugas tidak mungkin berjaga 24 jam di lokasi proyek itu, jadi kita minta pemilik kapal untuk berhati-hati," kata dia.

Hingga saat ini Kantor Unit Pelabuhan Dabosingkep masih melakukan investigasi, untuk mengetahui penyebab kerusakan pelabuhan yang baru dibangun tersebut.

Editor: Dodo