Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perekonomian Singapura Menguat Kembali Akibat Tingginya Permintaan Global
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-10-2014 | 16:07 WIB
tower_singapura.jpg Honda-Batam
Foto: todayonline.com

BATAMTODAY.COM - PEREKONOMIAN Singapura telah menunjukkan perkembangan yang baik di sepanjang kuartal III tahun ini. Pendapatan domestik bruto (PDB) Singapura tercatat berhasil berekspansi melampaui perkiraan ekonom yang menambah bukti bahwa meningkatnya permintaan global memicu kegiatan manufaktur di negara tersebut.

PDB Singapura naik menjadi 1,2 persen di tingkat tahunan pada kuartal III lalu, demikian berdasarkan data yang dirilis Departemen Perdagangan Singapura. Estimasi para ekonom sebelumnya PDB singapura hanya akan melaju sebesar 0,8 persen.

Output manufaktur Singapura telah mendapatkan manfaat dari melambatnya pertumbuhan ekonomi global sehingga tingkat permintaan luar negeri di negara ini meningkat. Bahkan ketika pemerintah Singapura telah menerapkan rencana 10 tahun untuk mengurangi ketergantungan pada pekerja asing murah dan meningkatkan produktivitas yang telah menyebabkan kekurangan tenaga kerja dan mendorong biaya upah.

Data yang dirilis 14 Oktober 2014 menunjukkan kegiatan ekspor Tiongkok ke Amerika Serikat, Eropa dan Asia Tenggara meningkat dari tahun sebelumnya pada bulan September lalu.

Melihat rebound (peningkatan) PDB di kuartal III tahun ini, beberapa pengamat menyarankan pertumbuhan ekonomi Singapura di kuartal depan harus melaju pada kecepatan yang moderat. Inflasi upah kemungkinan besar masih akan tetap relatif kuat, dan bisnis di sektor makanan dan jasa juga dapat menyebabkan kenaikan biaya.

Aktivitas manufaktur Singapura tercatat naik 1,2 persen (yoy) pada kuartal ketiga ini jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Aktivitas manufaktur tersebut juga melaju lebih cepat jika dibandingkan dengan penurunan sebesar 15,1 persen pada kuartal kedua. (*)

 Sumber: vibiznews.com