Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah 15 Kota dengan Potensi Ekonomi Tertinggi di Dunia
Oleh : Redaksi
Senin | 13-10-2014 | 15:03 WIB
singapore-financial.jpg Honda-Batam
Singapura, termasuk salah satu kota di Asia Ttenggara dengan potensi ekonomi tertinggi di dunia. (Foto: AFP)

BATAMTODAY.COM - ENAM kota di Asia Pasifik masuk dalam daftar "15 Kota Global 2014-2019". Kota-kota ini dinillai memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dibandingkan kota-kota lainnya di dunia.

Demikian hasil penelitian yang dirilis lembaga riset properti Knight Frank. Penentuan kota global didasarkan oleh empat kriteria, yaitu ekonomi, politik, kualitas hiidup, dan pengetahuan. Selain itu, kota global memiliki jumlah populasi angkatan kerja yang lebih besar dibandingkan kota-kota lain di dunia.

Asia Pasifik diwakili Hong Kong, Mumbai, Shanghai, Singapura, Sydney, dan Tokyo. Eropa diwakili Frankfurt, London, Madrid, dan Paris. Sementara kawasan Amerika Timur diwakili Houston, Mexico City, New York, San Francisco, dan Washington.

Nicholas Holt, Head of Research Knight Frank Asia Pacific, mengatakan, selain empat kriteria tersebut, sektor properti juga merupakan salah satu instrumen penting dalam menunjang keberhasilan kota dunia. "Dalam hal ini terlihat peranan pemerintah dalam menata ulang sistem dan regulasi untuk properti dan tata kota," kata Nicholas di Jakarta.

Jakarta hingga saat ini memang belum masuk dalam daftar 15 kota global Knight Frank. Namun jika daftar diperpanjang hingga urutan 20 besar, maka Jakarta akan berada dalam daftar tersebut. (*)

Sumber: rumah.com