Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mitsubishi Indonesia Donasikan Mobil Praktik untuk Delapan SMK
Oleh : Redaksi
Jum'at | 10-10-2014 | 13:12 WIB
autocarindonesia.jpg Honda-Batam
Foto: autocarindonesia.com

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), meresmikan pencanangan program corporate social responsibility (CSR) yaitu "Mitsubishi CSR Education Program" pada Kamis (9/10/2014). Melalui program CSR ini, Mitsubishi menyerahkan bantuan mobil penumpang kepada delapan SMK di Indonesia.

"Mitsubishi CSR Education Program" merupakan kegiatan CSR KTB yang berkelanjutan dalam bidang
pendidikan, yang bertujuan untuk terus mendukung peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia. Selain itu juga sebagai salah satu upaya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan khususnya bidang otomotif kepada siswa – siswa SMK.

Program ini diaplikasikan dengan mendonasikan mobil praktik dan memberikan pelatihan otomotif
kepada beberapa SMK di Indonesia. Melalui rilis resminya, KTB mengatakan, bantuan mobil praktik ini menjadi perhatian khusus, karena KTB memahami kesulitan dunia pendidikan Tanah Air khususnya SMK untuk mendapatkan mobil dengan kondisi yang baik untuk digunakan sebagai mobil praktek. Sebagai kelanjutannya, KTB juga akan memberikan pelatihan otomotif bagi para siswa SMK terpilih dan memberikan sharing knowledge kepada para guru.

Pada tahap awal program ini, KTB mendonasikan delapan unit mobil penumpang kepada delapan
SMK di Indonesia, yaitu SMKN 1 Bekasi, Cikarang Barat, SMKN 1 Depok, SMK Taman Karya Madya Kebumen, SMKN 1 Mojokerto, SMK Multi Karya Medan, SMK Gajah Mada Palembang, SMKN 1 Gambut Banjarbaru, dan SMKN 1 Makassar Sulawesi Selatan.

Penyerahan secara simbolis diberikan langsung oleh Noboru Tsuji, President Director KTB kepada para kepala sekolah dari masing-masing SMK terpilih.

"Kami berharap program CSR yang dilakukan oleh KTB dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia, untuk meraih masa depan Indonesia yang lebih baik," kata Noboru Tsuji.

Masing-masing SMK mendapatkan satu unit mobil penumpang Mitsubishi yang akan digunakan
sebagai mobil praktik. Pemilihan sekolah yang mendapat donasi kendaraan terkait juga dengan keberadaan Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC). Siswa terpilih dari SMK penerima bantuan akan diberikan pelatihan otomotif yang akan diadakan di KRTC.

KRTC merupakan pusat pelatihan mekanik Mitsubishi di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2004. Saat ini ada 7 KRTC di Indonesia yang berlokasi di Bekasi, Kebumen, Mojokerto, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarbaru. KRTC memiliki program pelatihan yaitu Mitsubishi Service Technician Education Program, (M-STEP) 1, 2 & 3, yang merupakan suatu program pendidikan wajib bagi setiap
mekanik Mitsubishi di seluruh dunia.

Di KRTC, para siswa SMK akan mengikuti program M-STEP 1 atau basic automobile yang mempelajari tentang pengetahuan dasar otomotif, yang meliputi sistem – sistem pada kendaraan seperti sistem mesin bensin atau diesel, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem power train, chassis dan sebagainya. Para siswa juga akan diberikan pengetahuan Pre Delivery Inspection (PDI), free service serta perawatan rutin kendaraan. (*)

Editor: Roelan