Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Bulan Lulus, Siswa SMKN 1 Singkep Belum Juga Terima Ijazah
Oleh : Nurjali
Kamis | 09-10-2014 | 13:52 WIB
smk_negeri_singkep.jpg Honda-Batam
SMKN 1 Singkep. (Foto: Nurjali/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Setelah tiga bulan lulus dari sekolah, siswa SMK Negeri 1 Singkep di Singkep belum juga menerima ijazah mereka. Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Lingga, Bachtiar Badri, menyayangkan hal ini.

Menurut Bachtiar, akibat belum memegang ijazah asli, para siswa mendapatkan kesulitan di Perguruan tinggi bagi yang melanjutkan sekolah. Sementara bagi yang ingin bekerja juga tidak dapat mengajukan lamaran karena Ijazah SMK mereka belum juga diterima hingga saat ini.

"Ini sangat tidak logis. Mereka yang kini melanjutkan ke perguruan tinggi hanya berbekal surat keterangan lulus. Legalitas surat keterangan ini hanya bisa digunakan sementara," kata Bachtiar, yang juga wali murid di SMKN 1 Singkep.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lingga, Said Parman, mengatakan, ijazah telah diserahkan ke pihak SMK Negeri 1. Namun berdasarkan pengakuan dari pihak sekolah, penyerahan ijazah tersebut memang terlambat.

"Dari sekolah bilang, ijazah sudah ada tapi ada beberapa siswa yang belum cap jari, jadi belum diserahkan," kata Said Parman.

Sementara itu Plt Kepala SMK Negeri 1 Singkep, Hendy Wijaya, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Singkep, mengatakan, keterlambatan penyerahan Ijazah tersebut karena terdapat kendala pada kepala sekolah yang lama. Kepala sekolah yang lama beralasan ijazah tersebut diserahkan ke sekolah saat libur Idul Fitri sehingga pada saat itu pihak sekolah belum sempat menyalin ijazah tersebut. Akibatnya, terjadi keterlambatan penyerahannya ke siswa.

"Saya dapat informasi dari kepala sekolah yang lama, ijazah itu terlambat karna belum sempat dilakukan cap jari, karena waktu itu sedang libur Idul Fitri," kata Hendy. (*)

Editor: Roelan