Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

5 Ribu Penonton Hadiri Pembukaan Porprov Kepri ke-3 di Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 08-10-2014 | 18:08 WIB
sani obor.jpg Honda-Batam
Gubernur Muhammad Sani menyulutkan api dari obor sebagai tanda dibukanya Porprov Kepri ke-3 di Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Lebih dari 5000-an tamu dan undangan dari 7 Kabupaten/ Kota se- Provinsi Kepri mengikuti pembukaan Pekan Olah Raga Provinsi Kepulauan Riau (Porprov Kepri) ke - 3, di lapangan Sepak Bola Badang Perkasa, Kabupaten Karimun, Rabu (8/10/2014) sekitar pukul 09.30 WIB.


Gubernur Kepri, Sekda Provinsi, Pimpinan SKPD di tingkat Provinsi Kepri serta Bupati Karimun dan perangkat daerah, selaku tuan rumah, turut menghadiri acara pembukaan Porprov Kepri ke-3 itu. Sedangkan Kepala Daerah dari 6 Kabupaten/ Kota se- Provinsi Kepri, berhalangan hadir dan hanya mengirimkan wakilnya saja.

Dalam sambutannya, Gubenur Kepri, HM Sani menyebut bahwa pembangunan Olah Raga wajib dilaksanakan secara bersama, antara pemerintah dan masyarakat. Bahkan, harapan yang digantungkan di benak para atlet, yakni prestasi dengan sportifitas yang tinggi. Sebab Porporov Kepri ke-3  ini adalah sebagai ajang membina atlet, untuk mengikuti PORWIL Sumatera ke-9 dan Pra PON mendatang.

Selain itu, dengan ajang seperti ini juga, akan terbina kebersamaan, tali silaturahmi, persatuan dan kesatuan. Sebab, tanpa adanya kebersamaan, persatuan dan kesatuan, tidak akan menghasilkan pembangunan yang baik.

Namun yang pasti, katanya lagi, ditingkat Pekan Olah Raga Nasional (PON) Provinsi Kepri dari tahun ke tahun sudah mengalami peningkatan. Mulai dari 2 emas hingga bisa mendapatkan 4 - 5 medali emas.

"Kibarkanlah bendera Olah Raga di Provinsi Kepri pada tingkat internasional. Maka dari itu di dalam Porprov ini selain prestasi yang dicapai, KONI Provinsi Kepri harus terus menerus melakukan pembinaan atlet, dalam rangka persiapan mengikuti PORWIL Sumatera ke-9 dan Pra PON mendatang," tegasnya

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Kepri, Nur Syafriadi dalam laporannya menyampaikan, Porprov Kepri ke-3 ini, berlangsung dari tanggal 8 hingga 15 Oktober di Kabupaten Karimun sebagai tuan rumah. Kegiatan ini, merupakan multi event empat tahunan, yang secara berjenjang hingga ke tingkat internasional (Olimpiade-red).

"Porprov ini sebagai ajang seleksi atlet menuju jenjang berikutnya, yakni Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) Sumatera ke-9, tahun 2015 di Bangka Belitung, dan Kejurnas atau Pra PON," ungkapnya.

Dijelaskan, pada penyelenggaraan Porprov tahun ini mempertandingkan sebanyak 23 cabang olahraga, diantaranya sepak bola, bola volly, badminton, renang, pencak silat dan panjat tebing. Sedangkan atlet-atlet bertanding dari 7 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri lebih dari 2.000 orang.

"Kabupaten Karimun menurunkan 330 atlet, Tanjungpinang 312, Batam 400, Lingga 366, Bintan 312, Natuna 222, dan Anambas 100 orang. Sedangkan medali yang telah disiapkan pada Porprov Kepri ke-3 ini sebanyak 1.994 keping medali emas, perak serta perunggu," terangnya

Bupati Karimun pada sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Provinsi Kepri yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Karimun, sebagai tuan rumah Porprov Kepri ke - 3 tahun 2014 ini.

"Kepercayaan yang diberikan, tidak akan disia-siakan. Selaku tuan rumah, kami akan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh tamu, sejak penyambutan sampai pulang nanti," ujar Nurdin.

Usai menyampaikan sambutan, Gubernur Kepri yang didampingi Bupati Karimun dan Ketua KONI Provinsi Kepri, menyalakan api obor sebagai tanda peresmian, dibukanya Porprov Kepri ke-3 tahun 2014.

Editor: Dodo