Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Bangunan Perumahan Royal Grande Tewas Tersengat Listrik
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 08-10-2014 | 10:24 WIB
buruh_RG_kesetrum.jpg Honda-Batam
Jasad M. Ramadhan saat disemayamkan di RS Budi Kemuliaan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Nasib naas menimpa M Ramadhan (26), pria yang beralamat di Batu Merah dan menetap di Peruman Seruni, Batam Center. Pria kelahiran Medan ini tewas kesetrum listrik saat lembur bekerja di Perumahan Royal Grande Batam Center, Selasa (7/10/2014) malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Ramadhan sempat dilarikan ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK), namun nyawanya tidak dapat ditolong. Pantauan di ruang obsevasi UGD rumah sakit, jempol kanannya luka dan melepuh. Diduga, arus listrik mengenai jempolnya dan menyerang jantung. Sementara badannya tidak gosong.

Menurut Surya, rekan kerja korban yang ikut mengantar ke rumah sakit, kejadian berawal saat mereka lembur untuk mengecat bangunan rumah yang dibangun. Sekitar pukul 21.00WIB, saat mereka ingin pulang, korban berniat menggulung kabel lampu yang digunakan untuk menyinari lokasi.

"Kami lembur. Pas mau pulang, dia (korban) menggulung kabel lampu. Kami mengecat dinding rumah dan menggunakan lampu tambahan," kata Surya.

Namun korban lupa mencabut colokan kabel, dan arus listrik masih terhubung. Tanpa disadari korban, ada bagian kabel yang terkelupas dan mengenai tangannya. "Kabel yang ia gulung ada yang terkelupas dan mengenai tanganya. Kemungkinan tangannya juga basah," terang Surya.

Korban sempat berteriak minta tolong dan akhirnya tidak sadarkan diri. Pekerja lainnya yang melihat kejadian langsung menghampiri lokasi dan mencabut kabel lampu tersebut. Namun penyelamatan yang dilakukan terlambat. Korban yang berencana menikah tahun depan ini tidak dapat ditolong meski sudah dibawa ke rumah sakit.

"Dia (korban) di lokasi sudah tak sadarkan diri, dan langsung dilarikan ke rumah sakit, namun masih tidak tertolong. Ramadhan satu kos dengan saya. Tahun depan rencananya ia mau menikah," tambah Surya.

Tidak lama berada di ruang observasi, korban langsung dibawa ke kamar jenazah rumah sakit untuk disemayamkan hingga pihak keluarganya menjemput. Sekitar pukul 22.00 WIB, korban dibawa oleh pihak keluarganya.

Editor: Dodo