Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jarak Pandang 5.000 Meter

Kabut Asap Kiriman di Tanjungpinang Mulai Ganggu Jarak Pandang
Oleh : Habibi
Selasa | 07-10-2014 | 08:48 WIB
kabut_asap_di_tpi.jpg Honda-Batam
Kabut asap di Tanjungpinang yang terpantau pagi tadi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kabut asap kiriman dari daratan Sumatera mulai menjalar ke Tanjungpinang. Pada Selasa (7/10/2014) sekitar pukul 07.45 WIB, kabut asap terpantau menebal di beberapa lokasi.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Kepulauan Riau, Arditho Bramandika Putra, mengatakan, saat ini kabut asap masuk dalam level mengganggu jarak pandang di wilayah Tanjungpinang dan sekitarnya.


"Levelnya sudah cukup mengganggu, namun untuk penerbangan belum terlalu," ujar Arditho saat dihubungi, Selasa (7/10/2014).

Arditho menambahkan, menurut laporan dari pilot, jarak pandang saat ini tinggal mencapai 5.000 meter. Memang belum berstatus gawat, namun harus berhati-hati juga untuk mendarat, kata Arditho.

"Dari atas, kabut asap lumayan menutupi daratan, itu makanya harus berhati-hati sekali saat menurunkan pesawat," ujar Arditho.

Kendati demikian, diperkirakan beberapa hari ke depan asap akan berkurang. Pasalnya potensi curah hujan sangat besar jelang pertengahan Oktober mendatang.

"Perkiraan kita seperti itu, curah hujan sangat banyak sekali, dan mudah-mudahan dapat mengurangi asap," ujar Arditho. (*)

Editor: Roelan