Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabut Asap Kiriman Mulai Mengganggu, Warga Batam Diimbau Hindari Aktivitas di Luar Ruangan
Oleh : Roni Ginting
Senin | 06-10-2014 | 16:07 WIB
masker.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabut asap kiriman dari Pulau Sumatera telah menyelimuti kota Batam, Senin (6/10/2014). Meskipun tidak mengganggu aktivitas penerbangan, warga tetap diminta untuk berjaga-jaga.

Pantauan di kawasan Batam Centre, meskipun belum terlalu tebal, kabut asap tersebut sudah tampak secara kasat mata dan mulai mengganggu pernafasan.

Rudi, seorang warga mengaku sangat terganggu dengan adanya asap tersebut. Asap tersebut membuat pernafasannya terasa sesak akibat udara yang dihirup tidak sehat. Apalagi dia selalu beraktivitas di luar ruangan.

"Nafas terasa sesak, gitu. Pasti karena asap ini," keluh Rudi kepada BATAMTODAY.COM.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal, yang dikonfirmasi meminta kepada masyarakat agar tidak langsung panik. Apabila terjadi gangguan pernafasan agar segera mengbubungi sarana kesehatan terdekat.

"Masyarakat jangan panik. Kalau ada gangguan langsung bawa ke sarana kesehatan terdekat," imbau Chandra.

Selain itu dia juga mengimbau apabila kondisi asap semakin tebal,  masyarakat yang berada di luar ruangan diimbau untuk menggunakan masker. "Kalau sekarang belum (berbahaya). Kalau asapnya makin pekat sebaiknya menghindari ke luar ruangan dan gunakan masker," pesannya. (*)

Editor: Roelan